MOTIVASI SISWA DALAM MENGIKUTI PENJASORKES MELALUI PENDEKATAN MODIFIKASI PERMAINAN BOLA BASKET PADA SISWA KELAS 2 SMP NEGERI 2 UNGARAN KAB. SEMARANG
Muhammad Qosim Pardede , 610 140 3052 (2010) MOTIVASI SISWA DALAM MENGIKUTI PENJASORKES MELALUI PENDEKATAN MODIFIKASI PERMAINAN BOLA BASKET PADA SISWA KELAS 2 SMP NEGERI 2 UNGARAN KAB. SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (MOTIVASI SISWA DALAM MENGIKUTI PENJASORKES MELALUI PENDEKATAN MODIFIKASI PERMAINAN BOLA BASKET PADA SISWA KELAS 2 SMP NEGERI 2 UNGARAN KAB. SEMARANG)
- Published Version
Download (103kB) | Preview |
Abstract
Muhammad Qosim Pardede. 2010. Motivasi Siswa Dalam Mengikuti Penjasorkes Melalui Pendekatan Modifikasi Permainan Bola Basket Pada Siswa Kelas 2 SMP Negeri 2 Ungaran Kab. Semarang. Skripsi S1. Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi. Fakultas Ilmu Keolahragaan. Universitas Negeri Semarang. Permasalahan dari skripsi ini yaitu: bagaimana motivasi siswa setelah diberikan suatu modifikasi di SMPN 2 Ungaran pada saat mengikuti pembelajaran bola basket. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi dengan diberikan modifikasi didalam pembelajaran bola basket dapat mempengaruhi motivasi siswa SMPN 2 Ungaran. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 2 SMPN 2 Ungaran tahun pelajaran 2009/2010. Dalam penelitian ini teknik pengambilan sampel menggunakan teknik stratified random sampling atau seluruh siswa kelas 2 yang terpilih yang mengikuti pembelajaran bola basket di SMPN 2 Ungaran sebanyak 52 siswa dari 182 siswa seluruh kelas dua. Pengumpulan data penelitian dengan menggunakan angket. Dalam penelitian ini teknik untuk menyatakan validitas angket yaitu instrumen dinyatakan valid jika telah diujicobakan dan memenuhi kriteria valid. Reliabilitas instrument diuji menggunakan perhitungan program SPSS. Di dalam penelitian ini kita ketahui ada dua tahap penelitian yang dilakukan di SMPN 2 Ungaran. Penelitian yang pertama dilakukan sebelum diberikan suatu modifikasi bola basket, menyimpulkan bahwa dari ketiga komponen tersebut motivasi terkuat adalah komponen kebutuhan-kebutuhan organik sebesar 48,8, disusul oleh komponen motif-motif darurat sebesat 41,9, dan berikutnya komponen motif-motif objektif sebesar 19,6. Hasil penelitian setelah dilakukan modifikasi bola basket menyimpulkan bahwa dari ketiga komponen tersebut motivasi terkuat adalah komponen kebutuhan-kebutuhan organik sebesar 50,7, secara berurutan disusul oleh komponen motif-motif darurat sebesar 43,5, dan berikutnya komponen motif-motif objektif sebesar 25,02. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa motivasi siswa yang mengikuti kegiatan modifikasi bola basket SMPN 2 Ungaran adalah tinggi. Saran yang dapat diberikan adalah perlu adanya motivasi dari guru untuk menumbuhkan minat siswa dalam mengikuti kegiatan modifikasi olahraga bola basket agar para siswa mempunyai kemauan tinggi untuk berlatih, dan yang kedua perlu adanya motivasi dari pihak sekolah untuk menumbuhkan motivasi dan bakat dalam mengikuti pembelajaran modifikasi permainan bola basket dengan menyediakan sarana dan prasarana yang memadai.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GE Environmental Sciences L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1 |
Depositing User: | Users 3260 not found. |
Date Deposited: | 20 Nov 2011 11:28 |
Last Modified: | 20 Nov 2011 11:28 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/8867 |
Available Versions of this Item
- MOTIVASI SISWA DALAM MENGIKUTI PENJASORKES MELALUI PENDEKATAN MODIFIKASI PERMAINAN BOLA BASKET PADA SISWA KELAS 2 SMP NEGERI 2 UNGARAN KAB. SEMARANG. (deposited 20 Nov 2011 11:28) [Currently Displayed]
Actions (login required)
View Item |