Peningkatan Hasil Belajar Melalui Penggunaan Program Macromedia Flash 8.0 Pada Mata Pelajaran Matematika Pokok Bahasan Pengenalan Bangun Ruang Sekolah Dasar Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Plosojenar Kecamatan Jakenan Kabupaten Pati Tahun Pelajaran 2009/2010


Mohammad Nur Saean, 1102405078 (2011) Peningkatan Hasil Belajar Melalui Penggunaan Program Macromedia Flash 8.0 Pada Mata Pelajaran Matematika Pokok Bahasan Pengenalan Bangun Ruang Sekolah Dasar Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Plosojenar Kecamatan Jakenan Kabupaten Pati Tahun Pelajaran 2009/2010. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Hasil Belajar Melalui Penggunaan Program Macromedia Flash 8.0 Pada Mata Pelajaran Matematika Pokok Bahasan Pengenalan Bangun Ruang Sekolah Dasar Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Plosojenar Kecamatan Jakenan Kabupaten Pati Tahun Pelajaran 2009/201]
Preview
PDF (Peningkatan Hasil Belajar Melalui Penggunaan Program Macromedia Flash 8.0 Pada Mata Pelajaran Matematika Pokok Bahasan Pengenalan Bangun Ruang Sekolah Dasar Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Plosojenar Kecamatan Jakenan Kabupaten Pati Tahun Pelajaran 2009/201) - Published Version
Download (103kB) | Preview

Abstract

Saean, Mohammad Nur. 2010. Peningkatan Hasil Belajar Melalui Penggunaan Program Macromedia Flash 8.0 Pada Mata Pelajaran Matematika Pokok Bahasan Pengenalan Bangun Ruang Sekolah Dasar Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Plosojenar Kecamatan Jakenan Kabupaten Pati Tahun Pelajaran 2009/2010. Skripsi, Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I: Drs. Kustiono, M.Pd, Pembimbing II : Dra. Istyarini, M.Pd. Kata Kunci : Program Macromedia Flash 8.0, Peningkatan Hasil Belajar, Matematika, Bangun Ruang Matematika adalah pelajaran yang digunakan sebagai acuan untuk kelulusan ujian nasional. Pelajaran Matematika (Ilmu Pasti) bagi anak-anak pada umumnya merupakan mata pelajaran yang tidak disenangi. Anggapan tersebut sudah melekat pada anak-anak, sehingga berdampak negatif terhadap proses pembelajaran siswa dalam Matematika, yang pada akhirnya mengakibatkan hasil belajar Matematika menjadi kurang memuaskan. Suatu media yang menarik siswa dan dapat digunakan untuk pembelajaran Matematika adalah dengan memanfaatkan program animasi Macromedia Flash 8.0 yang memiliki banyak keunggulan untuk melakukan presentasi yang kreatif dan banyak kreasi yang bisa ditampilkan, salah satunya adalah animasi. Penggunaan efek animasi pada presentasi antara lain: presentasi menjadi lebih menarik, interaktif, dan tidak monoton, membantu memperjelas isi presentasi, dan menarik perhatian audience. Berdasarkan hal tersebut diharapkan penggunaan program animasi Macromedia Flash 8.0 dalam pembelajaran Matematika khususnya materi Pengenalan Bangun Ruang pada siswa kelas IV SD Negeri Plosojenar dapat meningkatkan Hasil belajar. Desain atau rancangan penelitian ini adalah penelitian tindakan (action research). Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 3 siklus dimana hasilnya diperoleh dari hasil tes dan non tes. Pada siklus I nilai rata-rata kelas saat posttest baru mencapai 5,4 dengan ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 42,85% dan persentase keaktifan siswa 50%, kemudian pada siklus II diperoleh nilai rata-rata kelas posttest mencapai 6,0 dengan ketuntasan hasil belajar siswa 67,85% dan persentase keaktifan siswa meningkat menjadi 75%, dan pada siklus III nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 7,4 dengan ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 100% serta persentase keaktifan siswa juga meningkat menjadi 94,50%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Matematika menggunakan media pembelajaran program animasi Macromedia Flash 8.0 dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas IV SD Negeri Plosojenar Kecamatan Jakenan Kabupaten Pati. Untuk itu disarankan supaya guru-guru lebih mengoptimalkan penggunaan media pembelajaran dan mengikuti pelatihan-pelatihan pembuatan media pembelajaran khususnya Media Pembelajaran Macromedia Flash 8.0.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Program Macromedia Flash 8.0, Peningkatan Hasil Belajar, Matematika, Bangun Ruang
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Users 3313 not found.
Date Deposited: 20 Nov 2011 11:30
Last Modified: 20 Nov 2011 11:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/8843

Actions (login required)

View Item View Item