PENGARUH CATATAN SISWA TERHADAP INGATAN SISWA DALAM MATA PELAJARAN EKONOMI, KELAS X, SMA NEGERI 1 BOJA KENDAL


Fridolin Palupi Sri Kurniawati, 7101406019 (2011) PENGARUH CATATAN SISWA TERHADAP INGATAN SISWA DALAM MATA PELAJARAN EKONOMI, KELAS X, SMA NEGERI 1 BOJA KENDAL. Under Graduates thesis, universitas negeri semarang.

[thumbnail of PENGARUH CATATAN SISWA TERHADAP INGATAN SISWA DALAM MATA PELAJARAN EKONOMI, KELAS X, SMA NEGERI 1 BOJA KENDAL] PDF (PENGARUH CATATAN SISWA TERHADAP INGATAN SISWA DALAM MATA PELAJARAN EKONOMI, KELAS X, SMA NEGERI 1 BOJA KENDAL)
Download (143kB)

Abstract

Kurniawati, Fridolin Palupi Sri. 2010. Pengaruh Catatan Siswa Terhadap Ingatan Siswa Dalam Mata Pelajaran Ekonomi, Kelas X, SMA Negeri 1 Boja Kendal., Sarjana Pendidikan Ekonomi. Univeritas Negeri Semarang. Dra. Nanik Suryani, M.Pd. Dra. Palupiningdyah, M.Si. 100 halaman. Kata Kunci: Catatan siswa, Ingatan siswa Kekuatan belajar merupakan bentuk kekuatan otak yang mendasar, bahkan lebih mendasar dari kekuatan berpikir. Setiap orang memiliki modalitas untuk belajar yaitu otak berupa ingatan dan indera. Kemampuan ingatan sebagai modalitas belajar ini bukan tanpa gangguan, gangguan yang utama dan sering terjadi adalah lupa. Untuk membantu ingatan maka diperlukan sebuah alat bantu ingatan (mnemonik) dalam belajar yaitu catatan. Hasil observasi awal menunjukkan dari 110 siswa 67.3% siswa memiliki catatan, maka seharusnya ingatan yang dimiliki siswa akan sangat baik. Namun ternyata ingatan siswa yang diukur melalui tes dan diperolehlah hasil berupa nilai siswa, dalam ujian tengah semester dan ujian akhir semester gasal 2009 masih sangat kurang. Ingatan yang diperoleh siswa selama setengah semester dan satu semester proses pembelajaran siswa diukur melalui tes UTS dan UAS, menunjukkan bahwa semakin banyak siswa yang tidak mampu memenuhi kriteria ketuntasan minimum (KKM). Hal ini nampak dalam persentase yang menurun dalam UTS dan UAS. Pada UTS yang dilangsungkan bulan Oktober 2009 dari 109 siswa terdapat 42 siswa yang tuntas KKM atau 38.53% siswa tuntas. Sedangkan pada UAS jumlah siswa tuntas turun menjadi hanya 30 siswa saja yang tuntas KKM atau 27.52% siswa tuntas. Oelh karena itu dilakukan penelitian tentang pengaruh catatan siswa terhadap ingatan siswa. Objek penelitian adalah siswa kelas X.1, X.2, X.3 SMA Negeri 1 Boja, Kendal tahun ajaran 2009/2010. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah angket yang diisi oleh siswa untuk menggali data serta pedoman observasi untuk mengamati catatan yang dimiliki siswa. Hasil penelitian diperoleh Sikap tiap responden tentang pengaruh catatan terhadap ingatan 87.28% responden sepakat bahwa catatan siswa berpengaruh terhadap ingatan. Dan secara keseluruhan sikap responden tentang pengaruh catatan siswa terhadap ingatan siswa ada pada sikap positif. Hal ini ditunjukkan oleh skor total responden yang terletak antara skor 12.540–16.720 (median - kuartil 3). Besar pengaruh catatan siswa terhadap ingatan siswa dalam mata pelajaran ekonomi, kelas X, SMA Negeri 1 Boja Kendal, Tahun ajaran 2009/2010 adalah 35.60%, dengan persamaan regresi .

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Catatan siswa, Ingatan siswa
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: Users 3263 not found.
Date Deposited: 20 Nov 2011 11:31
Last Modified: 20 Nov 2011 11:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/8842

Actions (login required)

View Item View Item