PENGARUH PENDEKATAN CHEMO-EDUTAINMENT MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN PROGRAM MACROMEDIA FLASH PRO 8 TERHADAP HASIL BELAJAR POKOK BAHASAN LARUTAN ASAM BASA SISWA SMA


Aisyah , 4301406035 (2010) PENGARUH PENDEKATAN CHEMO-EDUTAINMENT MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN PROGRAM MACROMEDIA FLASH PRO 8 TERHADAP HASIL BELAJAR POKOK BAHASAN LARUTAN ASAM BASA SISWA SMA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Warning
There is a more recent version of this item available.
[thumbnail of PENGARUH PENDEKATAN CHEMO-EDUTAINMENT MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN PROGRAM MACROMEDIA FLASH PRO 8  TERHADAP HASIL BELAJAR POKOK BAHASAN LARUTAN ASAM BASA SISWA SMA]
Preview
PDF (PENGARUH PENDEKATAN CHEMO-EDUTAINMENT MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN PROGRAM MACROMEDIA FLASH PRO 8 TERHADAP HASIL BELAJAR POKOK BAHASAN LARUTAN ASAM BASA SISWA SMA) - Published Version
Download (173kB) | Preview

Abstract

Aisyah. 2010. Pengaruh Pendekatan Chemo-edutainment Menggunakan Media Pembelajaran Program Macromedia Flash Pro 8 Pokok Bahasan Larutan Asam Basa Siswa SMA. Skripsi Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I: Drs. Sigit Priatmoko, M.Si, Pembimbing II: Drs. Ersanghono Kusumo, M.S. Kata kunci: pengaruh, media pembelajaran, Macromedia Flash Pro 8, pendekatan CET Perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat, salah satunya dipengaruhi oleh perkembangan komputer. Perkembangan kedua teknologi ini saling berkaitan erat dan senantiasa berjalan beriringan. Salah satu aplikasi dari kedua teknologi ini yang sekarang sedang dikembangkan dalam dunia pendidikan adalah pembuatan media pembelajaran. Metode pembelajaran yang umum dilakukan oleh guru yaitu ceramah sehingga siswa merasa bosan dan jenuh. Guru dapat membuat siswa menjadi tertarik dan termotivasi dalam belajar, salah satunya dengan menggunakan media pembelajaran yang tepat dan menarik. Penelitian ini menggunakan media pembelajaran berupa CD pembelajaran yang dibuat dari software Macromedia Flash Pro 8 sebagai media Chemo-Edutainment (CET). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran program Macromedia Flash Pro 8 sebagai media CET pokok bahasan Larutan Asam Basa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Tengaran. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling, diperoleh kelas XI IPA 4 sebagai kelompok eksperimen dan kelas XI IPA 3 sebagai kelompok kontrol. Metode analisis data terdiri atas analisis tahap awal dan analisis tahap akhir. Analisis tahap awal meliputi uji normalitas, uji homogenitas dan Uji Anava. Sedangkan analisis tahap akhir meliputi uji normalitas, uji kesamaan dua varians, uji perbedaan dua rata-rata, analisis pengaruh antar variabel, penentuan koefisien determinasi, dan analisis hasil angket dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan CD pembelajaran program Macromedia Flash Pro 8 sebagai media CET berpengaruh terhadap hasil belajar kimia siswa kelas XI SMA Negeri 1 Tengaran. Besarnya kontribusi 24,31% dengan α=5%. Saran yang dapat penulis berikan pemanfaatkan CD pembelajaran program Macromedia Flash Pro 8 sebagai media CET pada materi yang lain untuk meningkatkan hasil belajar kimia.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pengaruh, media pembelajaran, Macromedia Flash Pro 8, pendekatan CET
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: Users 3260 not found.
Date Deposited: 20 Nov 2011 11:30
Last Modified: 20 Nov 2011 11:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/8834

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item