PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA JURUSAN MULTIMEDIA KELAS X SEMESTER 1 SMK NEGERI 1 BLORA PADA MATERI POKOK MEMBUATPROGRAM MACROMEDIA FLASH


Valensia Ika Kusumaningrum , 1102404004 (2009) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA JURUSAN MULTIMEDIA KELAS X SEMESTER 1 SMK NEGERI 1 BLORA PADA MATERI POKOK MEMBUATPROGRAM MACROMEDIA FLASH. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA JURUSAN MULTIMEDIA KELAS X SEMESTER 1 SMK NEGERI 1 BLORA PADA MATERI POKOK MEMBUATPROGRAM MACROMEDIA FLASH]
Preview
PDF (PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA JURUSAN MULTIMEDIA KELAS X SEMESTER 1 SMK NEGERI 1 BLORA PADA MATERI POKOK MEMBUATPROGRAM MACROMEDIA FLASH) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Di Era Globalisasi ini anak-anak disiapkan untuk menguasai IT, karena kedepan IT dianggap sangat penting maka sekolah harus menyiapkan anak didiknya agar menguasai IT. Flash sebagai salah satu penunjang IT. Pada sebagian siswa, mempelajari program multimedia menggunakan Flash dianggap sulit serta rumit sehingga siswa terlebih dahulu takut dan jenuh terhadap pelajaran ini. Untuk itu saya melakukan penelitian tentang Macromedia Flash menggunakan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) adapun permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) dapat meningkatkan keaktifan hasil belajar siswa jurusan Multimedia kelas X semester 1 SMK Negeri 1 Blora pada materi pokok membuat program multimedia dengan Macromedia Flash? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa jurusan Multimedia kelas X semester 1 SMK Negeri 1 Blora pada materi pokok membuat program multimedia dengan Macromedia Flash melalui penerapan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS). Subyek dalam penelitian ini adalah siswa jurusan Multimedia kelas X semester 1 SMK Negeri 1 Blora. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam empat siklus. Masing-masing siklus dua kali pertemuan. Penelitian ini dikatakan berhasil bila memenuhi indikator mencapai ketuntasan individual sekurang-kurangnya 70% ditandai dengan pencapaian nilai akhir 70 serta mencapai nilai rata-rata kelas ≥ 80 pada akhir siklus IV (presentasi). Dan keaktifan siswa sekurang-kurangnya 70%. Adapun sampel untuk menetahui kevalidan soal adalah siswa jurusan Multimedia kelas XI semester 1 SMK Negeri 1 Blora. Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I adalah 75,5, siklus II 83,0, dan meningkat pada siklus III yakni 91,0 . Prosentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I adalah 73,53% siklus II 94,12%, meningkat siklus III yaitu 97,06%. Saat presentasipresentasi nilai rata-rata kelas adalah 83,73 Sedangkan prosentase keaktifan siswa pada akhir siklus I adalah 75%, siklus II 80,56%, siklus III 88,89% dan siklus IV menjadi 91,67%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan Creative Problem Solving (CPS) dapat meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa melalui tahapan-tahapan yang terdapat dalam proses pembelajarannya. Model pembelajaran ini dapat lebih optimal lagi dalam meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa bila diikuti dengan pengelolaan kelas yang baik oleh guru dan perencanaan pembelajaran yang matang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar Siswa, Keaktifan Siswa, Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS)
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 04 Apr 2011 04:04
Last Modified: 25 Apr 2015 04:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/883

Actions (login required)

View Item View Item