Kelayakan Buku Teks Kulina Basa Jawa Kelas VIII Terbitan Intan Pariwara dalam Penyajian Pembelajaran Materi Berbicara


Dian Asih Pratiwi, 2102406693 (2011) Kelayakan Buku Teks Kulina Basa Jawa Kelas VIII Terbitan Intan Pariwara dalam Penyajian Pembelajaran Materi Berbicara. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Kelayakan Buku Teks Kulina Basa Jawa Kelas VIII Terbitan Intan Pariwara dalam Penyajian Pembelajaran Materi Berbicara] Microsoft Word (Kelayakan Buku Teks Kulina Basa Jawa Kelas VIII Terbitan Intan Pariwara dalam Penyajian Pembelajaran Materi Berbicara) - Published Version
Download (58kB)

Abstract

Pratiwi, Dian Asih. 2010. Kelayakan Buku Teks Kulina Basa Jawa Kelas VIII Terbitan Intan Pariwara dalam Penyajian Pembelajaran Materi Berbicara. Skripsi Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa, Jurusan Bahasa dan Sastra Jawa, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I: Drs. Agus Yuwono, M. Si., M. Pd. Pembimbing II: Mujimin, S. Pd. Kata kunci: kelayakan, buku teks, penyajian pembelajaran, berbicara. Buku teks merupakan salah satu komponen yang penting dalam pendidikan, karena melalui buku teks siswa dapat termotivasi untuk belajar. Buku teks yang baik dan berkualitas harus dapat menyajikan materi pengajaran yang tersusun secara sistematis dari awal hingga akhir serta sesuai dengan kurikulum yang berlaku. Penelitian mengenai buku teks pada penelitian ini difokuskan pada aspek kelayakan buku teks Kulina Basa Jawa kelas VIII terbitan Intan Pariwara dalam penyajian pembelajaran materi berbicara. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah: bagaimanakah kelayakan buku teks Kulina Basa Jawa kelas VIII terbitan Intan Pariwara dalam penyajian pembelajaran materi berbicara? Berkaitan dengan masalah tersebut penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsi kelayakan buku teks Kulina Basa Jawa kelas VIII terbitan Intan Pariwara dalam penyajian pembelajaran materi berbicara. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah materi berbicara dalam buku teks Kulina Basa Jawa kelas VIII terbitan Intan Pariwara. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik pilah dan catat. Teknik analisis data menggunakan teknik kuantitatif dan kualitatif. Penyajian hasil analisis data menggunakan metode formal dan informal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kelayakan buku teks Kulina Basa Jawa kelas VIII terbitan Intan Pariwara dalam penyajian pembelajaran materi berbicara sudah tergolong cukup. Hal tersebut dapat dilihat dari perhitungan persentase pada setiap kriteria, antara lain sebagai berikut. 1) Keterpusatan pada peserta didik skornya adalah 17 atau 61%. 2) Merangsang metakognisi peserta didik skornya adalah 22 atau 79%. 3) Merangsang daya imajinasi, kreasi, dan berpikir kritis peserta didik skornya adalah 21 atau 75%. Dari analisis tersebut berarti kelayakan buku teks Kulina Basa Jawa kelas VIII terbitan Intan Pariwara dalam penyajian pembelajaran materi berbicara skornya adalah 69 atau 72%, tergolong cukup untuk dijadikan buku pegangan dalam proses pembelajaran. Saran yang dapat peneliti berikan dari hasil penelitian yaitu kriteria keterpusatan pada peserta didik, merangsang metakognisi peserta didik, dan merangsang daya imajinasi, kreasi, dan berpikir kritis peserta didik materi berbicara dalam buku teks Kulina Basa Jawa kelas VIII terbitan Intan Pariwara sebaiknya diperbaiki karena penyajiannya kurang maksimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kelayakan, buku teks, penyajian pembelajaran, berbicara
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: Users 3313 not found.
Date Deposited: 20 Nov 2011 11:32
Last Modified: 20 Nov 2011 11:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/8823

Actions (login required)

View Item View Item