MANAJEMEN SUMBER BELAJAR ELEKTRONIKA DASAR BAGI GURU RUMPUN ELEKTRONIKA SMK NEGERI KOTA SEMARANG


Titin Suryani , 5301406037 (2010) MANAJEMEN SUMBER BELAJAR ELEKTRONIKA DASAR BAGI GURU RUMPUN ELEKTRONIKA SMK NEGERI KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Warning
There is a more recent version of this item available.
[thumbnail of MANAJEMEN SUMBER BELAJAR ELEKTRONIKA DASAR BAGI GURU RUMPUN ELEKTRONIKA SMK NEGERI KOTA SEMARANG]
Preview
PDF (MANAJEMEN SUMBER BELAJAR ELEKTRONIKA DASAR BAGI GURU RUMPUN ELEKTRONIKA SMK NEGERI KOTA SEMARANG) - Published Version
Download (104kB) | Preview

Abstract

Suryani, Titin. 2010. Manajemen Sumber Belajar Elektronika Dasar bagi Guru Rumpun Elektronika SMK Negeri Kota Semarang . Skripsi-S1. Pendidikan Teknik Elektro 2006. Fakultas Teknik. Universitas Negeri Semarang.Dr. Djuniadi, M.T. Drs.R. Kartono, M.Pd. Kata kunci : Manajemen Sumber Belajar, Elektronika dasar. Pada proses pembelajaran elektronika dibutuhkan manajemen sumber belajar yang cocok bagi para pengajar sebagai media untuk mencari referensi materi ajar. Salah satu manejemen sumber belajar yang dibutuhkan oleh para pengajar adalah manejemen sumber belajar yang berbasis internet. Oleh karena itu diadakan penelitian tentang penggunaan menejemen sumber belajar yang berbasis internet, dalam penelitian ini program yang digunakan dalam pembuatan manejemen sumber belajar adalah program phpMyFAQ. Manajemen sumber belajar yang menggunakan program phpMyFAQ adalah sebuah program yang digunakan untuk mencari sebuah informasi khususnya materi ajar elektronika yang tersedia dalam sebuah web browser untuk mengaksesnya, tetapi juga dapat berjalan pada internet. Data dikumpulkan dengan teknik angket dan Checklist. Manajemen sumber belajar ini telah diuji cobakan kepada pakar media dan pakar materi. Adapun uji coba manajemen sumber belajar dilakukan di jurusan teknik elektro Universitas Negeri Semarang sejumlah 4 orang responden sebagai pakar media dan sejumlah 4 orang responden sebagai pakar materi. Metode analisis data menggunakan metode deskriptif prosentase. Berdasarkan hasil tampilan program yang telah dibuat, maka sebagian besar program telah memenuhi syarat-syarat suatu program dikatakan sebagai media pembelajaran elektronik. Dari hasil analisis data diperoleh hasil dari kriteria pendidikan menurut pakar materi dari jurusan teknik elektro Universitas Negeri Semarang, secara umum program ini termasuk ke dalam kategori baik (77,67%). Menurut pakar media dari jurusan teknik elektro Universitas Negeri Semarang yaitu 75,5% termasuk juga dalam kategori baik untuk kriteria tampilan program dan kualitas tenik. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan: telah dihasilkan Manajemen Sumber Belajar Elektronika Dasar. Menurut pakar media dan pakar materi Manajemen Sumber Belajar Elektronika Dasar yang dihasilkan baik dan cukup layak digunakan sebagai alternatif pengganti buku-buku referensi dalam kegiatan belajar mengajar karena sudah sesuai dengan kriteria pendidikan dan pada tampilan program serta kualitas teknik sudah memenuhi kualitas standart. Saran yang dapat diberikan penulis yaitu 1) Program ini dapat dijadikan sebagai salah satu sumber belajar pada mata pelajaran elektronika dasar selain dari bukubuku referensi yang sudah ada, 2) kelemahan program diharapkan diperbaiki untuk penelitian selanjutnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Sumber Belajar, Elektronika dasar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
T Technology > TK Electrical and Electronic Engineering
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro, S1
Depositing User: Users 3260 not found.
Date Deposited: 20 Nov 2011 11:33
Last Modified: 20 Nov 2011 11:33
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/8806

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item