STUDI KOMPARASI PRESTASI BELAJAR IPS SEJARAH ANTARA YANG DIAJARKAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT DAN TAI PADA SISWA KELAS VII SMP N 2 KRAGAN TAHUN AJARAN 2009/2010


Siti Afrukah , 3101406522 (2010) STUDI KOMPARASI PRESTASI BELAJAR IPS SEJARAH ANTARA YANG DIAJARKAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT DAN TAI PADA SISWA KELAS VII SMP N 2 KRAGAN TAHUN AJARAN 2009/2010. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

This is the latest version of this item.

[thumbnail of  STUDI KOMPARASI PRESTASI BELAJAR IPS SEJARAH ANTARA YANG DIAJARKAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE  NHT DAN TAI PADA SISWA KELAS VII SMP N 2 KRAGAN TAHUN AJARAN 2009/2010] Microsoft Word ( STUDI KOMPARASI PRESTASI BELAJAR IPS SEJARAH ANTARA YANG DIAJARKAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT DAN TAI PADA SISWA KELAS VII SMP N 2 KRAGAN TAHUN AJARAN 2009/2010) - Published Version
Download (56kB)

Abstract

Siti Afrukah.2010. “Studi Komparasi Prestasi Belajar IPS Sejarah Antara yang diajarkan dengan Model Pembelajaran Kooperatif tipe NHT dan TAI Pada Siswa Kelas VII SMP N 2 Kragan Tahun Ajaran 2009/2010”. Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang. Kata Kunci : Pembelajaran, Kooperatif , NHT, TAI, dan Prestasi Belajar, IPS Sejarah Mata pelajaran IPS Sejarah merupakan mata pelajaran yang membicarakan tentang peristiwa-peristiwa pada masa lampau. Guru IPS Sejarah diituntut harus dapat menggambarkan secara langsung di depan kelas mengenai fakta sejarah. Oleh karena itu guru perlu mengembangkan pendekatan pembelajaran yang dapat membantu siswa mempelajari peristiwa sejarah secara lebih bermakna. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) bagaiamanakah prestasi belajar IPS Sejarah siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT?, (2) bagaimanakah prestasi belajar IPS Sejarah siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TAI?, (3) Adakah perbedaan prestasi belajar IPS Sejarah antara model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan TAI pada siswa kelas VII SMP N 2 Kragan Tahun ajaran 2009/2010?. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mengetahui prestasi belajar IPS Sejarah siswa dengan mkenggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT, (2) mengetahui prestasi belajar IPS Sejarah yang diajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TAI, (3) mengetahui perbedaan prestasi belajar IPS Sejarah siswa antara model pembelajarankooperatif tipe NHT danTAI pada siswa kelas VII SMP N 2 Kragan tahun ajaran 2009/2010. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII semester genap SMP N 2 Kragan Kabupaten Rembang tahun ajaran 2009/2010 yang terdiri dari 5 kelas dan berjumlah 205 siswa. Pada penelitian ini diambil 2 (dua) kelas sebagai sampel. Satu kelas sebagai kelas eksperimen 1, satu kelas yang lain sebagai kelas eksperimen 2. Ada 2 (dua) variabel yang dikaji dalam penelitian ini, yaitu: 1) Pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan TAI, 2) Prestasi belajar IPS Sejarah siswa berupa nilai tes. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi, tes, dan observasi/pengamatan. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa, (1) nilai rata-rata post test prestasi belajar siswa yang

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Kooperatif , NHT, TAI, dan Prestasi Belajar, IPS Sejarah
Subjects: L Education > LA History of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Users 3260 not found.
Date Deposited: 20 Nov 2011 11:34
Last Modified: 20 Nov 2011 11:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/8799

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item