PENGEMBANGAN MODUL INVERTEBRATA DENGAN MODEL LEARNING CYCLE 5E DI SMA


Dewi Kurnia Putri, 4401406533 (2011) PENGEMBANGAN MODUL INVERTEBRATA DENGAN MODEL LEARNING CYCLE 5E DI SMA. Under Graduates thesis, universitas negeri semarang.

[thumbnail of  PENGEMBANGAN MODUL INVERTEBRATA DENGAN MODEL LEARNING CYCLE 5E DI SMA] Microsoft Word ( PENGEMBANGAN MODUL INVERTEBRATA DENGAN MODEL LEARNING CYCLE 5E DI SMA)
Download (59kB)

Abstract

Kurnia Putri, Dewi. 2010. Pengembangan Modul Invertebrata dengan Model Learning Cycle 5E di SMA. Skripsi, Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Semarang. Drs. Bambang Priyono, M. Si. Dan Ir. Nur Rahayu Utami, M. Si. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di SMA Negeri 1 Subah Kab. Batang, sebagian siswa hanya berpusat pada pemakaian Lembar Kerja Siswa, yang didalamnya tersebut tidak sepenuhnya materi disampaikan secara lengkap. Hasil tes semester ganjil Tahun Ajaran 2009/2010 menunjukkan hanya 51% siswa yang tuntas. Disamping itu, materi Invertebrata yang banyak dengan alokasi waktu yang sedikit menjadi kendala dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan mengembangkan modul invertebrata dengan model pembelajaran Learning Cycle 5-E serta menguji kelayakannya berdasarkan standar Badan Standar Nasional Pendidikan. Penelitian ini merupakan Research & Development yaitu metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji keefektifan produk tersebut. Langkahnya meliputi: (1) Potensi dan masalah, (2) Pengumpulan data, (3) Desain produk, (4) Validasi desain produk, (5) Revisi desain produk, (6) Uji coba produk, (7) Revisi produk, (8) Uji coba pemakaian, (9) Revisi produk, dan (10) Diseminasi. Dengan tidak mengurangi validitas proses dalam penelitian ini, tahap-tahap dalam R & D yang sudah ada, diadaptasi dan diadakan sedikit modifikasi. Hasil validasi modul didapatkan persentase sebesar 83,99% yang berarti kriteria modul “sangat baik”. Berdasarkan hasil uji coba skala terbatas nilai rata-rata skor angket dari 10 siswa kelas XI IPA 2 SMA Negei 1 Subah sebesar 91,5% dengan kriteria “sangat baik”. Berdasarkan hasil belajar kelas perlakuan dari 40 siswa didapatkan ketuntasan klasikal siswa sebesar 97,5% dengan rata-rata peningkatan nilai 51,2 yang menunjukkan bahwa modul dapat digunakan dalam pembelajaran. Hal ini didukung dengan nilai aktivitas siswa kelas perlakuan menunjukkan bahwa 62,5% siswa dengan aktivitas “sangat aktif” dan 37,5% siswa dengan aktivitas “aktif”. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa modul yang dikembangkan dapat digunakan sebagai penunjang bahan ajar sub pokok bahasan invertebrata. Modul yang dikembangkan akan lebih sempurna jika beberapa saran yang ada dapat diperbaiki lebih lanjut dan penelitian ini hendaknya dapat diteruskan oleh peneliti selanjutnya dengan kelas, sekolah, dan materi yang berbeda. Kata kunci: modul invertebrata, learning cycle 5E

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: modul invertebrata, learning cycle 5E
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: Users 3263 not found.
Date Deposited: 20 Nov 2011 11:36
Last Modified: 20 Nov 2011 11:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/8785

Actions (login required)

View Item View Item