PENINGKATAN PROFESSIONALITAS GURU MELALUI IMPLEMENTASI LESSON STUDY


SUTRIANI , 4201406015 (2010) PENINGKATAN PROFESSIONALITAS GURU MELALUI IMPLEMENTASI LESSON STUDY. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

This is the latest version of this item.

[thumbnail of PENINGKATAN PROFESSIONALITAS GURU MELALUI IMPLEMENTASI LESSON STUDY ] Microsoft Word (PENINGKATAN PROFESSIONALITAS GURU MELALUI IMPLEMENTASI LESSON STUDY ) - Published Version
Download (51kB)

Abstract

Sutriani. 2010. Peningkatan Profesionalitas Guru Melalui Implementasi Lesson Study. Skripsi, Jurusan Fisika, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing: Dr. Ani Rusilowati, M.Pd. dan Drs. M. Sukisno, M.Si. Kata kunci: Lesson Study, Profesionalitas Guru. Tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengetahui: 1) Besar peningkatan profesionalitas guru melalui implementasi lesson study. 2) Besar peningkatan hasil belajar siswa melalui implementasi lesson study. 3) Pengaruh peningkatan profesionalitas guru terhadap hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII dan guru pengampu mata pelajaran IPA SMP Negeri 1 Godong tahun ajaran 2009/2010. Dengan menggunakan teknik random sampling diperoleh satu kelas sebagai kelas sampel yaitu kelas VIII A yang terdiri dari 40 siswa. Variabel dalam penelitian ini yaitu tingkat profesionalitas guru IPA dan hasil belajar siswa dalam implementasi lesson study. Metode pengumpulan data menggunakan metode tes, dokumentasi dan observasi. Analisis data terdiri dari analisis instrumen dan analisis peningkatan menggunakan uji gain ternormalisasi. Uji signifikansi menggunakan uji t. Dari hasil penelitian diperoleh peningkatan professionalitas guru dari open lesson 1 ke 2 sebesar 30% dan peningkatan dari open lesson 2 ke 3 sebesar 32%. Peningkatan hasil belajar dari open lesson 1 ke 2 sebesar 7% dan peningkatan dari open lesson 1 ke 2 sebesar 18%. Melalui implementasi lesson study professionalitas guru, aktivitas dan hasil belajar dapat meningkat. Mengacu dari hasil penelitian ini penulis memberikan saran: 1) Lesson study sebaiknya dilaksanakan secara berkelanjutan sehingga professionalitas guru semakin meningkat, karena dengan adanya peningkatan professionalitas guru maka aktivitas dan hasil belajar siswa akan meningkat. 2) Fokus utama observasi sebaiknya adalah siswa yang akan membuahkan peningkatan profesionalitas guru.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Lesson Study, Profesionalitas Guru.
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Users 3260 not found.
Date Deposited: 20 Nov 2011 11:36
Last Modified: 20 Nov 2011 11:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/8779

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item