PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL DAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU EKONOMI AKUNTANSI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMK KABUPATEN MAGELANG
Sri Zakiyati , 3301404520 (2009) PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL DAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU EKONOMI AKUNTANSI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMK KABUPATEN MAGELANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL DAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU EKONOMI AKUNTANSI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMK KABUPATEN MAGELANG)
- Published Version
Download (693kB) | Preview |
Abstract
Berdasarkan hasil observasi di tiga sekolah di SMK Kabupaten Magelang bahwa pencapaian prestasi belajar akuntansi siswa masih belum optimal. Guru adalah salah satu faktor yang mempengaruhi kualitas pembelajaran, namun guru akan dominan ketika mempunyai kompetensi profesional. Guru yang kompeten akan lebih mampu menciptakan lingkungan belajar yang efektif, menyenangkan dan lebih mampu mengelola kelasnya sehingga belajar siswa akan lebih optimal. Penelitian ini merupakan penelitian populasi/sensus dengan jumlah responden 30 guru, dan semua dijadikan obyek penelitian. Ada 3 variabel yang dibahas dalam penelitian ini yaitu kompetensi profesional, kompetensi pedagogik, dan prestasi belajar siswa. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif persentase dan regresi linier berganda, serta uji hipotesis dengan menggunakan uji F. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, diperoleh persamaan regresi yaitu ^Y = 42,774 + 0,172X1+ 0,126X2. Sehingga terdapat pengaruh yang positif antara kompetensi profesional dan kompetensi pedagogik guru terhadap prestasi belajar siswa. Dari hasil uji F atau uji simultan di peroleh hitung F sebesar 16,402 dengan probabilitas 0,000 < 0,05 yang berarti model regresi tersebut signifikan, dengan kata lain hipotesis yang menyatakan ada pengaruh antara kompetensi profesional dan kompetensi pedagogik guru terhadap prestasi belajar siswa diterima. Dari hasil uji t atau secara parsial diperoleh hitung t sebesar 3,302 dengan probabilitas 0,003<0,05 maka dengan demikian Ha diterima yang berarti ada pengaruh antara kompetensi profesional guru terhadap prestasi belajar siswa. Sedangkan untuk variabel kompetensi pedagogik diperoleh hitung t sebesar 2,921 dengan probabilitas 0,007<0,05 maka dengan demikian Ha diterima dan menolak Ho yang berarti ada pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap prestasi belajar siswa. Simpulan bahwa kompetensi profesional dan kompetensi pedagogik berpengaruh baik secara simultan maupun parsial terhadap prestasi belajar. Saran yang dapat disampaikan yaitu, Guru diharapkan dapat meningkatkan kompetensi profesional terutama dalam meningkatkan kualitas pembelajaran melalui penelitian tindakan kelas yang saat ini masih jarang dilakukan. Guru diharapkan dapat meningkatkan kompetensi pedagogik terutama dalam membimbing siswa dalam pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya. Diharapkan bagi siswa yang nilainya belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) untuk meningkatkan belajarnya sehingga diharapkan prestasi belajar siswa akan meningkat.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kompetensi Profesional, Kompetensi Pedagogik dan Prestasi Belajar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1 |
Depositing User: | Users 98 not found. |
Date Deposited: | 04 Apr 2011 03:30 |
Last Modified: | 25 Apr 2015 04:11 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/877 |
Actions (login required)
View Item |