Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Kimia pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan dengan Panduan Kriteria Watson


Dewi Puspitaningrum, 4301406051 (2011) Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Kimia pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan dengan Panduan Kriteria Watson. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Kimia pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan dengan Panduan Kriteria Watson] Microsoft Word (Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Kimia pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan dengan Panduan Kriteria Watson) - Published Version
Download (54kB)

Abstract

Puspitaningrum, Dewi. 2010. Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Kimia pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan dengan Panduan Kriteria Watson. Skripsi, Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang. Dosen Pembimbing: Drs. Eko Budi Susatyo, M.Si; Drs.Kusoro Siadi, M. Si. Kata Kunci: Analisis Kesalahan, Kelarutan, Kriteria Watson. Karakteristik pelajaran kimia yang cenderung abstrak dan kompleks menyebabkan kesulitan siswa dalam mempelajari kimia. Kesulitan tersebut dapat menyebabkan kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal kimia, sehingga hasil belajar siswa kurang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis kesalahan, penyebab kesalahan, dan persentase kesalahan yang dilakukan siswa dengan panduan kriteria watson. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Siagaluh, Banjarnegara dengan cara memberikan tes tertulis berupa tes uraian dan wawancara untuk memperkuat hasil penelitian. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh bahwa kesalahan terbanyak yang dilakukan oleh siswa dalam menyelesaikan soal adalah kesalahan karena kurangnya keterampilan, baik keterampilan pemahaman konsep maupun karena keterampilan dalam perhitungan. Hal ini dapat ditunjukkan dari besarnya persentase kesalahan yang dilakukan siswa pada tiap butir soal. Soal nomor 7, persentase kesalahannya mencapai 67,67%, pada soal nomor 6 dan nomor 8 masing-masing sebesar 33,33%, sedangkan soal nomor 4, 5 dan 9 persentase kesalahannya masing-masing 16,67%. Faktor penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal sebagian besar dikarenakan kurangnya pemahaman konsep mengenai materi kelarutan dan hasil kali kelarutan. Untuk mengatasi hal tersebut konsep-konsep penting pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan harus ditanamkan secara mendalam, dan memberikan latihan soal lebih banyak dan bervariasi agar pemahaman konsep dan ketelitian siswa dalam mengerjakan soal-soal semakin meningkat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Analisis Kesalahan, Kelarutan, Kriteria Watson
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: Users 3313 not found.
Date Deposited: 20 Nov 2011 11:37
Last Modified: 20 Nov 2011 11:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/8768

Actions (login required)

View Item View Item