Analisis Kesalahan Siswa dalam Mengerjakan Soal Kimia pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan Melalui Langkah Polya pada Kelas XI Semester II SMA N 5 Semarang

Diana Dewi Niasari, 4301406049 (2011) Analisis Kesalahan Siswa dalam Mengerjakan Soal Kimia pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan Melalui Langkah Polya pada Kelas XI Semester II SMA N 5 Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (Analisis Kesalahan Siswa dalam Mengerjakan Soal Kimia pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan Melalui Langkah Polya pada Kelas XI Semester II SMA N 5 Semarang) - Published Version
Download (98Kb)

    Abstract

    Niasari, Diana Dewi. 2010. Analisis Kesalahan Siswa dalam Mengerjakan Soal Kimia pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan Melalui Langkah Polya pada Kelas XI Semester II SMA N 5 Semarang. Skripsi, Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang. Dosen Pembimbing: Drs. Sigit Priatmoko, M.Si, Dra. Woro Sumarni, M. Si. Kata Kunci: Analisis, Kelarutan, Langkah Polya. Mata pelajaran kimia dianggap sebagai pelajaran yang sulit bagi sebagian besar siswa, karena karakteristik ilmu kimia yang abstrak dan kompleks. Karakteristik tersebut menyebabkan kesulitan siswa dalam mempelajari kimia, kesulitan tersebut memungkinkan terjadinya kesalahan-kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal. Sehingga hasil belajar siswa kurang memuaskan. Oleh karena itu, kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal perlu dianalisis, untuk mengetahui jenis kesalahan dan penyebab kesalahan yang dilakukan siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah unuk mengetahui jenis kesalahan yang dilakukan oleh siswa melalui langkah Polya serta mengetahui hal-hal yang dapat menyebabkan kesalahan dalam mengerjakan soal kelarutan dan hasil kali kelarutan melalui langkah Polya. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 5 Semarang dengan subjek penelitian sebanyak 6 siswa dari 38 siswa kelas XI IA 2, dengan kriteria 2 siswa dari kelompok atas, 2 siswa dari kelompok sedang, dan 2 siswa dari kelompok bawah. Penelitian dilakukan dengan memberikan tes tertulis berupa tes uraian dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian, kesalahan terbanyak yang dilakukan oleh siswa yang dianalisis sebagai subjek penelitian adalah kesalahan konsep. Sedangkan pada langkah pengerjaannya, kesalahan terbesar siswa dilakukan pada tahap menyusun rencana penyelesaian dan tahap memeriksa kembali. Pada tahap merencanakan penyelesaian, siswa melakukan kesalahan ketika akan menentukan konsep yang akan dipakai untuk menyelesaikan soal, tidak memahami langkah-langkah yang harus dilakukan serta tidak menuliskan rumus dan reaksi yang diperlukan. Pada tahap memeriksa kembali, dari 6 subjek yang diteliti hampir semua siswa tidak melakukan langkah ini. Oleh karena itu dalam proses pembelajaran, guru perlu menekankan konsep materi kelarutan dan hasil kali kelarutan secara jelas. Pada materi lainnya siswa perlu dibiasakan mengerjakan soal dengan menggunakan langkah-langkah Polya, sehingga siswa dapat lebih mudah dalam mengerjakan soal.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Analisis, Kelarutan, Langkah Polya
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Q Science > QD Chemistry
    Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
    Depositing User: ragil setiawan fisika
    Date Deposited: 20 Nov 2011 06:38
    Last Modified: 20 Nov 2011 06:38

    Actions (login required)

    View Item