EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERVISI SETS BERBASIS ELEKTRONIK TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN SISWA SMA NEGERI 2 PEMALANG


Nisa Nurhidayanti , 4301406056 (2010) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERVISI SETS BERBASIS ELEKTRONIK TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN SISWA SMA NEGERI 2 PEMALANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Warning
There is a more recent version of this item available.
[thumbnail of EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERVISI SETS BERBASIS ELEKTRONIK TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN SISWA SMA NEGERI 2 PEMALANG]
Preview
PDF (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERVISI SETS BERBASIS ELEKTRONIK TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN SISWA SMA NEGERI 2 PEMALANG) - Published Version
Download (172kB) | Preview

Abstract

Nurhidayanti, Nisa. 2010. Efektivitas Pembelajaran Bervisi SETS Berbasis Elektronik terhadap Hasil Belajar Kimia Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan Siswa SMA Negeri 2 Pemalang. Skripsi Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang. Pembimbing : I. Prof. Drs. Achmad Binadja, Apt. Ph.D., Pembimbing II. Drs. Eko Budi Susatyo, M. Si. Kata Kunci : bervisi SETS, elektronik, hasil belajar Hasil observasi awal diperoleh bahwa hasil belajar kognitif kimia kelarutan dan hasil kali kelarutan siswa kelas XI IPA SMA Negeri 2 Pemalang TP 2008/2009 yang mencapai ketuntasan sebanyak 84 siswa dari 155 siswa, hal ini disebabkan karena siswa beranggapan bahwa pelajaran kimia sulit dipahami sehingga kurang termotivasi belajar. Siswa diharapkan lebih termotivasi melalui pembelajaran bervisi SETS berbasis elektronik. Pengambilan sampel yang dilakukan dengan teknik purposive sampling menentukan kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 3 sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi, tes, observasi dan angket. Uji hipotesis yang dilakukan adalah uji efektivitas pembelajaran dan uji peningkatan hasil belajar. Hasil uji ketuntasan belajar individu kelompok eksperimen diperoleh thitung (9,4) > ttabel (2,0), artinya hasil belajar kelompok eksperimen ≥66 atau telah mencapai ketuntasan belajar. Hasil uji ketuntasan belajar klasikal kelompok eksperimen diperoleh sebanyak 39 siswa dari 41 siswa telah mencapai ketuntasan belajar, artinya keberhasilan kelas telah tercapai karena jumlah siswa yang tuntas belajar ≥35 siswa. Rata–rata hasil post test kelas eksperimen sebesar 78 dengan kriteria baik dan kelas kontrol sebesar 74 dengan kriteria cukup baik. Uji peningkatan hasil belajar diperoleh thitung>ttabel , artinya setelah pembelajaran ada peningkatan hasil belajar yang signifikan. Rata-rata nilai afektif dan psikomotorik kelompok eksperimen sebesar 90 dan 91 dengan kriteria sangat baik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran bervisi SETS berbasis elektronik efektif membantu ketuntasan hasil belajar dan ada peningkatan hasil belajar yang signifikan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: bervisi SETS, elektronik, hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: Users 3260 not found.
Date Deposited: 20 Nov 2011 11:38
Last Modified: 20 Nov 2011 11:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/8760

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item