Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Materi Invertebrata Dengan Penggunaan hand out Melalui Lesson Study Di SMAN 1 Singorojo Kendal


Sumiyati , 4401406076 (2011) Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Materi Invertebrata Dengan Penggunaan hand out Melalui Lesson Study Di SMAN 1 Singorojo Kendal. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Materi Invertebrata Dengan Penggunaan hand out Melalui Lesson Study Di SMAN 1 Singorojo Kendal]
Preview
PDF (Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Materi Invertebrata Dengan Penggunaan hand out Melalui Lesson Study Di SMAN 1 Singorojo Kendal) - Published Version
Download (24MB) | Preview

Abstract

Invertebrata merupakan salah satu materi dalam pembelajaran Biolgi yang berkaitan dengan pengklasifikasian makhluk hidup dan perannya makhluk hidup tersebut bagi manusia. Guru di SMA Negeri 1 Singorojo Kendal masih belum optimal dalam mengevaluasi pembelajaran yang telah dilakukan. Pembelajaran invertebrata juga masih bersifat teacher center, serta masih kurang memadainya sumber belajar yang digunakan. Hal ini berdampak pada aktivitas siswa dan hasil belajar siswa yang belum mencapai ketuntasan 100%. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan di SMA Negeri 1 Singorojo Kendal adalah dengan menggunakan desain pembalajaran diskusi, dan penugasan melalui lesson study . Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi invertebrata melalui lesson study. Rancangan penelitian ini adalah Pre Experimental Design (quasi experiment) dengan desain The One Shot Study. Penelitian dilakukan pada kelas X1, X2, dan X3 dengan masing-masing kelas dilakukan sebanyak 3 kali pertemuan yang masing-masing terdiri dari tahapan perencanaan (plan), pelaksanaan (do), dan refleksi (see). Sumber data yang diambil meliputi aktivitas siswa dalam diskusi, hasil belajar siswa, tanggapan siswa, kinerja guru dan tanggapan guru terhadap pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan nilai aktivitas siswa kelas X1, X2, dan X3 berturut-turut adalah 79,53%; 75,23%; dan 77,06%. Berdasarkan nilai tersebut menunjukkan peningkatan aktivitas siswa. Hasil rata-rata ketuntasan belajar siswa kelas X1, X2, dan X3 berturut-turut adalah 81,04%; 80,51%; dan 79,21%. Hal tersebut menunjukkan bahwa siswa memberikan tanggapan sangat positif terhadap pembelajaran yang dilakukan. Hal ini didukung oleh data kinerja guru pada masing-masing kelas, yaitu 100% untuk kelas X1 dan X2, serta 98,08% untuk kelas X3. Guru pun memberikan tanggapan positif terhadap pembelajaran dengan lesson study. Simpulan penelitian menunjukkan bahwa lesson study dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi invertebrata di SMAN 1 Singorojo Kendal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: aktivitas belajar, hasil belajar, invertebrata, hand out, lesson study.
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 04 Apr 2011 03:34
Last Modified: 25 Apr 2015 04:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/875

Actions (login required)

View Item View Item