PEMBELAJARAN SENI GRAFIS CETAK TINGGI DI SMP NEGERI 2 AMBARAWA


Zariat Syamsu Sumurung , 2401406010 (2010) PEMBELAJARAN SENI GRAFIS CETAK TINGGI DI SMP NEGERI 2 AMBARAWA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

This is the latest version of this item.

[thumbnail of PEMBELAJARAN SENI GRAFIS CETAK TINGGI DI SMP NEGERI 2 AMBARAWA] Microsoft Word (PEMBELAJARAN SENI GRAFIS CETAK TINGGI DI SMP NEGERI 2 AMBARAWA) - Published Version
Download (53kB)

Abstract

Sumurung, Zariat Syamsu. 2010. “Pembelajaran Seni grafis cetak tinggi di SMP Negeri 2 Ambarawa”. Skripsi. Semarang : Pendidikan Seni Rupa, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang. Kata Kunci : Pembelajaran, seni rupa, seni grafis. Penelitian ini dilatarbelakangi dengan kompetensi dasar mengekspresikan diri melalui karya seni grafis nyatanya dikesampingkan dalam pembelajaran seni rupa di SMP. Pembelajaran seni grafis jarang diberikan, padahal kegiatan berkarya seni grafis juga merupakan hak siswa dalam pembelajaran seni rupa. Hal ini terlihat dalam guru memberikan materi dan tugas kepada siswanya untuk menggambar atau melukis saja. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran seni grafis cetak tinggi yang dilaksanakan di SMP Negeri 2 Ambarawa, (2) Bagaimana hasil karya siswa SMP Negeri 2 Ambarawa dalam pembelajaran seni grafis cetak tinggi, (3) Faktor apa yang menjadi pendukung dan penghambat pembelajaran seni grafis cetak tinggi di SMP Negeri 2 Ambarawa. Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui, mendeskripsikan, dan menganalisis permasalahan tersebut. Manfaat penelitian ini adalah (1) Sebagai bahan masukan kepada guru seni budaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa berkaitan dengan pembelajaran seni grafis, (2) Sebagai masukan untuk memperbaiki proses pembelajaran seni rupa, (3) Menambah referensi perpustakaan dan bagi pembaca terutama guru. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis melalui tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan simpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran seni grafis cetak tinggi di SMP Negeri 2 Ambarawa dilakukan melalui tiga tahapan yang meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, evaluasi. Hasil karya siswa SMP Negeri 2 Ambarawa dalam pembelajaran seni grafis cetak tinggi menghasilkan berbagai karya dengan motif yang bermacam-macam. Nilai rata-rata dari seluruh kelas yang mencapai nilai 77 yang tergolong pada nilai dengan kategori cukup. Faktor pendukung pembelajaran seni grafis cetak tinggi di SMP Negeri 2 Ambarawa meliputi guru seni rupa SMP Negeri 2 Ambarawa bergelar S1 pendidikan, guru membuat perangkat pembelajaran sebelum mengajar, jumlah siswa per kelasnya hanya 30 siswa, tersedianya fasilitas pembelajaran, adanya interaksi antara guru dan siswa dalam pembelajaran, dan pembelajaran yang disajikan guru tidak membosankan. Selain itu, faktor penghambatnya antara lain waktu pembelajaran yang sedikit dengan alokasi waktu 40 menit dalam satu minggu, Tidak tersedianya ruang praktek untuk pembelajaran praktek berkarya seni, materi pembelajaran yang kurang, media pembelajaran yang kurang, kurang tersedianya perlengkapan berkarya, dan

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, seni rupa, seni grafis.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa (S1)
Depositing User: Users 3260 not found.
Date Deposited: 20 Nov 2011 11:41
Last Modified: 20 Nov 2011 11:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/8733

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item