IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PKN BERBASIS GENDER DI SD NEGERI SEKARAN 01 KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG


Salim Fitriyaningsih , 3401406508 (2010) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PKN BERBASIS GENDER DI SD NEGERI SEKARAN 01 KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

This is the latest version of this item.

[thumbnail of IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PKN  BERBASIS GENDER DI SD NEGERI SEKARAN 01 KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG] Microsoft Word (IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PKN BERBASIS GENDER DI SD NEGERI SEKARAN 01 KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG) - Published Version
Download (59kB)

Abstract

Fitriyaningsih, Salim. 2010 Implementasi Pembelajaran PKn Berbasis Gender di SD Negeri Sekaran 01 Kecamatan Gunungpati Kota Semarang. Skripsi, Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan, FIS UNNES. Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I: Drs. Setiajid, M.Si. Pembimbing II: Drs. Tijan, M.Si. 82 hal. Kata Kunci : Implementasi, Pembelajaran PKn, Berbasis Gender Kesadaran dan Kesetaraan gender dalam pendidikan perlu disosialisasikan sejak dini, yaitu sejak seorang anak duduk di bangku Sekolah Dasar (SD), karena sekolah dasar merupakan jenjang pendidikan yang paling awal dikenal dan dirasakan oleh anak. Segala hal yang berkaitan dengan konsep dasar harus diperkenalkan dan diusahakan dengan baik dan benar, karena apabila terjadi kesalahan sedikit saja tentang konsep tersebut, maka akan memakan waktu yang lama untuk mengubahnya. Upaya untuk mencegah terjadinya bias gender dapat dilakukan melalui penerapan pembelajaran berbasis gender. Pembelajaran berbasis gender adalah usaha sadar untuk memberi pemahaman dan mencegah terjadinya bias gender yang dilakukan dalam proses pembelajaran di sekolah. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: 1) bagaimana pembelajaran berbasis gender yang berlangsung di lingkungan SD Negeri Sekaran 01 Kecamatan Gunungpati Kota Semarang?, 2) kendala-kendala yang dihadapi dalam implementasi pembelajaran berbasis gender di SD Negeri Sekaran 01 Kecamatan Gunungpati Kota Semarang?, 3) langkah-langkah apa saja yang dilakukan untuk meminimalisasi terjadinya bias gender dalam pembelajaran di SD Negeri Sekaran 01 Kecamatan Gunungpati Kota Semarang?. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui pembelajaran berbasis gender di SD Negeri Sekaran 01 Kecamatan Gunungpati Kota Semarang, 2) Mengetahui kendala-kendala yang dihadapi dalam implementasi pembelajaran berbasis gender di SD Negeri Sekaran 01 Kecamatan Gunungpati Kota Semarang, 3) Mengetahui langkah-langkah apa saja yang dilakukan untuk meminimalisasi terjadinya bias gender dalam pembelajaran di SD Negeri Sekaran 01 Kecamatan Gunungpati Kota Semarang. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa, Pembelajaran PKn Berbasis Gender sudah diterapkan di SD Negeri Sekaran 01 Kecamatan Gunungpati Kota Semarang. Ada tiga tahap Implementasi Pembelajaran PKn Berbasis Gender yaitu: 1) Pada saat perencanaan pembelajaran, 2) Pada saat pelaksanaan, 3) Pada saat evaluasi. Proses Pembelajaran PKn meliputi perencanaan, pelaksanaan (pendahuluan, inti, penutup), dan evaluasi. Implementasi pembelajaran dilakukan dengan cara menerapkan nilai-nilai kesetaraan gender yaitu persamaan hak laki-laki dan perempuan, perbedaan fisik laki-laki dan perempuan, partisipasi laki-laki dan perempuan, keadilan bagi laki-laki dan perempuan, kerjasama laki-laki dan perempuan, kesetaraan laki-laki dan perempuan, menghargai kemajemukan, demokrasi. Dalam proses pembelajaran tersebut mencakupi sejumlah komponen yang meliputi: 1) Tujuan; di SD Negeri Sekaran 01 Kecamatan Gunungpati terdapat perumusan tujuan pembelajaran dalam RPP

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Pembelajaran PKn, Berbasis Gender
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: Users 3260 not found.
Date Deposited: 20 Nov 2011 11:41
Last Modified: 20 Nov 2011 11:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/8730

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item