Keefektifan Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Semester II SMP N 1 Lebaksiu pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar


Mita Reksaningrum, 4101405546 (2009) Keefektifan Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Semester II SMP N 1 Lebaksiu pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Keefektifan Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Semester II SMP N 1 Lebaksiu pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar]
Preview
PDF (Keefektifan Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Semester II SMP N 1 Lebaksiu pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar) - Published Version
Download (799kB) | Preview

Abstract

Motivasi dan hasil belajar adalah dua hal yang saling mempengaruhi. Kenyataan yang ada di SMP N 1 Lebaksiu, masih banyak siswa yang menolak untuk mengerjakan tugas dari guru khususnya pada pelajaran matematika. Hal ini mengindikasikan menurunya motivasi belajar siswa terhadap pembelajaran matematika yang akhirnya akan berdampak negatif terhadap hasil belajar siswa. Untuk menghindari hal tersebut diperlukan adanya model pembelajaran yang bervariasi dan tidak monoton, salah satunya dengan menerapkan model CPS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah motivasi dan hasil belajar siswa kelas VIII semester II SMP N 1 Lebaksiu pada materi Bangun Ruang Sisi Datar dengan menggunakan model pembelajaran CPS lebih tinggi dibandingkan dengan menggunakan pembelajaran ekspositori serta untuk mengetahui hasil belajar peserta didik yang diajarkan dengan model pembelajaran CPS mencapai ketuntasan belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP N 1 Lebaksiu tahun pelajaran 2008/2009. Dengan teknik clustar random sampling dipilih dua kelas sebagai sampel penelitian, yaitu kelas VIII F sebagai kelas kontrol dan VIII G sebagai kelas eksperimen. Pengambilan data penelitian ini dilakukan dengan metode dokumentasi, tes, dan skala bertingkat. Uji statistika yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji t pihak kanan dan uji proporsi pihak kanan. Hasil analisis statistik dengan menggunakan uji t terhadap data motivasi belajar siswa diperoleh thitung = 8,41 dan ttabel = 1,99 dengan α = 5%, dk = 90 dan data hasil belajar siswa diperoleh thitung = 4,63 dan ttabel = 1,99 dengan α = 5%, dk = 90. Karena masing-masing data diperoleh thitung > ttabel berarti H0 ditolak, maka dapat dikatakan motivasi dan rata-rat hasil belajar siswa kelas VIII semester II SMP N 1 Lebaksiu pada materi Bangun Ruang Sisi Datar dengan menggunakan model pembelajaran CPS lebih tinggi dibandingkan dengan menggunakan pembelajaran ekspositori. Hasil uji ketuntasan dengan uji proporsi pihak kanan diperoleh zhitung = 3,18 dan untuk α = 5% diperoleh z(0,45) = 1,64. Jelas zhitung > z(0,45) yang berarti H0 ditolak, maka dapat dikatakan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran CPS mencapai ketuntasan belajar. Saran yang dapat diberikan setelah melakukan penelitian ini adalah Model pembelajaran CPS dapat digunakan guru mata pelajaran matematika sebagai alternatif untuk merancang pembelajaran di kelas karena terbukti mampu menghasilkan motivasi dan hasil belajar yang tinggi serta dapat tercapainya ketuntasan belajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Motivasi belajar, Hasil belajar, Ketuntasan Belajar, Model pembelajaran CPS.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 21 Mar 2011 04:25
Last Modified: 25 Apr 2015 03:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/87

Actions (login required)

View Item View Item