STRATEGI PEMBELAJARAN GURU SEKOLAH DASAR NEGERI PANJANG WETAN 01 PEKALONGAN UTARA TAHUN AJARAN 2007/2008 UNTUK MENCAPAI TARGET KELULUSAN UJIAN NASIONAL (UN)

Aris Armono , 1102403013 (2009) STRATEGI PEMBELAJARAN GURU SEKOLAH DASAR NEGERI PANJANG WETAN 01 PEKALONGAN UTARA TAHUN AJARAN 2007/2008 UNTUK MENCAPAI TARGET KELULUSAN UJIAN NASIONAL (UN). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (STRATEGI PEMBELAJARAN GURU SEKOLAH DASAR NEGERI PANJANG WETAN 01 PEKALONGAN UTARA TAHUN AJARAN 2007/ 2008 UNTUK MENCAPAI TARGET KELULUSAN UJIAN NASIONAL (UN)) - Published Version
Download (615Kb)

    Abstract

    Strategi mempunyai arti keahlian mengatasi masalah. Sesuai dengan pengertian tersebut penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi yang ditempuh guru dalam kegiatan belajar mengajar untuk mencapai target kelulusan ujian nasional di SD Negeri Panjang Wetan 01 Pekalongan. Pembelajaran adalah proses yang sangat menentukan keberhasilan suatu tujuan pendidikan yang hendak dicapai. Jenis penelitian ini deskriptif kualitatif. Strategi pembelajaran yang digunakan oleh SD Negeri Panjang Wetan 01 Pekalongan dalam menghadapi ujian nasional yaitu melalui proses pembelajaran yang disesuaikan dengan materi yang diajarkan. Dengan menggunakan media yang sesuai, materi pelajaran mampu diserap oleh siswa dengan jelas. Mengenai pendidik yang ada di SD Negeri Panjang Wetan 01 Pekalongan bahwa kriteria pengajar ada dua kategori, yaitu kategori PNS dan Non-PNS. Bahan ajar dalam desain pembelajaran adalah satu-satunya bahan yang berwujud (tangibel) dari seluruh komponen dasar desain pembelajaran. SD Negeri Panjang Wetan 01 Pekalongan memandang bahwa ujian berfungsi sebagai alat pengendali dan pendorong dalam peningkatan mutu, bahan pertimbangan menentukan tamat belajar dan prestasi siswa serta bahan seleksi penerimaan siswa baru. Ujian nasional mempunyai sisi yang positif yaitu mampu mengetahui sejauh mana kompetensi dasar yang dimiliki oleh siswa sehingga nantinya untuk jenjang yang selanjutnya bisa diprediksikan lagi menjadi lebih baik. Pendidik disini senantiasa memberikan yang terbaik serta membimbing dan membantu mengembangkan potensi yang telah ada bagi generasi penerus bangsa dengan memiliki kualitas yang baik. Evaluasi pembelajaran yang dilakukan oleh SD Negeri Panjang Wetan 01 Pekalongan dengan menggunakan evaluasi harian seperti tugas harian, PR, ulangan harian, evaluasi MID semester, evaluasi nilai ulangan semester, selain itu ada penilaian pengamatan baik praktek maupun tertulis. Ada perlakuan yang berbeda bagi siswa yang kurang mampu dalam menerima pelajaran yaitu dengan pendekatan secara personal dan bimbingan secara khusus untuk menguasai pelajaran-pelajaran. Saran, supaya pemerintah Pekalongan merintis strategi yang sudah dilakukan oleh SD Negeri Panjang Wetan 01 Pekalongan untuk dirujuk kembali supaya diterapkan dan dikembangkan di sekolah-sekolah lainnya dengan tujuan nantinya mampu menghasilkan generasi penerus bangsa yang berkualitas dan berprestasi pada berbagai kegiatan.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Strategi, Pembelajaran, Strategi Pembelajaran, Ujian Nasional
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
    Depositing User: dwi perpus unnes
    Date Deposited: 03 Apr 2011 22:58
    Last Modified: 25 Apr 2015 00:11

    Actions (login required)

    View Item