Pengaruh Pendidikan Sistem Ganda, Penguasaan Mata Pelajaran Produktif Administrasi Perkantoran dan Fasilitas Belajar Terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XI Prodi Administrasi Perkantoran di SMK N 1 Kendal kabupaten Kendal Tahun Ajaran 2009/2010


Siti Susanti, 7101406550 (2011) Pengaruh Pendidikan Sistem Ganda, Penguasaan Mata Pelajaran Produktif Administrasi Perkantoran dan Fasilitas Belajar Terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XI Prodi Administrasi Perkantoran di SMK N 1 Kendal kabupaten Kendal Tahun Ajaran 2009/2010. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Pendidikan Sistem Ganda, Penguasaan Mata Pelajaran Produktif Administrasi Perkantoran dan Fasilitas Belajar Terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XI Prodi Administrasi Perkantoran di SMK N 1 Kendal kabupaten Kendal Tahun Ajaran 2009/2010] Microsoft Word (Pengaruh Pendidikan Sistem Ganda, Penguasaan Mata Pelajaran Produktif Administrasi Perkantoran dan Fasilitas Belajar Terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XI Prodi Administrasi Perkantoran di SMK N 1 Kendal kabupaten Kendal Tahun Ajaran 2009/2010) - Published Version
Download (59kB)

Abstract

Susanti, Siti, 2010, Pengaruh Pendidikan Sistem Ganda, Penguasaan Mata Pelajaran Produktif Administrasi Perkantoran dan Fasilitas Belajar Terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XI Prodi Administrasi Perkantoran di SMK N 1 Kendal kabupaten Kendal Tahun Ajaran 2009/2010. Skripsi. Jurusan Manajemen. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I. Dra. Nanik Suryani, M.Pd. II. Drs. Ade Rustiana, M.Si. 87 halaman. Kata Kunci : Pendidikan Sistem Ganda, Penguasaan Mata Pelajaran Produktif, Fasilitas Belajar dan Kesiapan Kerja. Tujuan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) pada hakekatnya adalah mempersiapkan siswa untuk memasuki dunia kerja sebagai tenaga kerja tingkat menengah. Untuk mencapai tujuan tersebut SMK N 1 Kendal bekerjasama dengan institusi pasangan mengadakan program pendidikan sistem ganda, mata pelajaran produktif diberikan untuk menambah keterampilan siswa dan ditunjang fasilitas belajar untuk memperlancar dalam kegiatan belajar. Berdasarkan penulusuran lulusan SMK N 1 Kendal belum seluruhnya memasuki dunia kerja. Permasalahan dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh pendidikan sistem ganda, penguasaan mata pelajaran produktif administrasi perkantoran dan fasilitas belajar terhadap kesiapan kerja baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara pendidikan sistem ganda, penguasaan mata pelajaran produktif administrasi perkantoran dan fasilitas belajar terhadap kesiapan kerja siswa kelas XI prodi administrasi perkantoran di SMK N 1 Kendal kabupaten Kendal tahun ajaran 2009/2010 baik secara parsial maupun simultan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI prodi administrasi perkantoran dengan jumlah siswa 41 orang, penelitian ini disebut penelitian populasi. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu pendidikan sistem ganda (X1), Penguasaan Mata Pelajaran Produktif Administrasi Perkantoran (X2), Fasilitas Belajar (X3) serta variabel terikat yaitu Kesiapan Kerja (Y). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuesioner (angket) dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskripsi persentase dan regresi linier berganda. Hasil penelitian dengan menggunakan SPSS 12 diperoleh persamaan regresi berganda Y= 1,207 + 0,105X1 + 0,701X2 + 0,093X3. Uji keberartian persamaan regresi dengan uji F diperoleh F hitung = 15,877 dengan nilai signifikansi = 0,000 < 0,05 yang berarti secara simultan ada pengaruh positif dan signifikan antara pendidikan sistem ganda, penguasaan mata pelajaran produktif administrasi perkantoran dan fasilitas belajar terhadap kesiapan kerja. Hasil uji parsial diperoleh t hitung = 3,305 dengan nilai signifikansi 0,002 < 0,05 hal ini berarti ada pengaruh secara signifikan antara X1 terhadap Y, thitung = 4,448 dengan nilai signifikansi antara 0,000 < 0,05 hal ini berarti ada pengaruh secara signifikan ix antara X2 terhadap Y, thitung = 2,201 dengan nilai signifikansi antara 0,034 < 0,05 hal ini berari ada pengaruh secara signifikan antara X3 terhadap Y. Simpulan bahwa pendidikan sistem ganda memiliki pengaruh terhadap kesiapan kerja. Penguasaan mata pelajaran produktif administrasi perkantoran memiliki pengaruh terhadap kesiapan kerja. Fasilitas belajar memiliki pengaruh terhadap kesiapan kerja. Pendidikan sistem ganda, penguasaan mata pelajaran produktif administrasi perkantoran dan fasilitas belajar secara bersama-sama memiliki pengaruh terhadap kesiapan kerja. Saran yang dapat diberikan dalam penelitian ini adalah pihak sekolah perlu menyediakan ruang pembelajaran khusus, sekolah perlu menggunakan sumber belajar yang sesuai dengan perkembangan dan perlu adanya keterbukaan antara pihak sekolah dengan pihak dunia usaha/dunia industri.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Sistem Ganda, Penguasaan Mata Pelajaran Produktif, Fasilitas Belajar dan Kesiapan Kerja
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: Users 3313 not found.
Date Deposited: 20 Nov 2011 11:45
Last Modified: 20 Nov 2011 11:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/8670

Actions (login required)

View Item View Item