UPAYA MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR SAINS SISWA KELAS IV SDN KUTOSARI 01 MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL POKOK BAHASAN GAYA


Salimatul Mumtahanah , 4201403031 (2010) UPAYA MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR SAINS SISWA KELAS IV SDN KUTOSARI 01 MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL POKOK BAHASAN GAYA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

This is the latest version of this item.

[thumbnail of UPAYA MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR SAINS SISWA KELAS IV SDN KUTOSARI 01 MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL POKOK BAHASAN GAYA] Microsoft Word (UPAYA MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR SAINS SISWA KELAS IV SDN KUTOSARI 01 MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL POKOK BAHASAN GAYA) - Published Version
Download (51kB)

Abstract

Mumtahanah, Salimatul. 2010. Upaya Menumbuhkan Motivasi Belajar Sains Siswa Kelas IV SDN Kutosari 01 melalui Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) dengan Pendekatan Kontekstual Pokok Bahasan Gaya. Skripsi. Fisika/Pendidikan Fisika, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing Utama Dra. Siti Khanafiyah, M. Si., Pembimbing Pendamping Drs. Sri Hendratto, M. Pd. Kata kunci: kontekstual, motivasi, Team Games Tournament (TGT) Pembelajaran konvensional menjadikan kegiatan belajar mengajar di dalam kelas berpusat pada guru, sehingga mempengaruhi motivasi belajar siswa. Hasil belajar siswa SDN Kutosari 01 belum memenuhi kriteria ketuntasan belajar yang telah ditentukan. Penggunaan model pembelajaran yang sesuai akan membawa implikasi terhadap motivasi dan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan untuk menumbuhkan motivasi belajar siswa kelas IV SDN Kutosari 01 melalui model pembelajaran TGT dengan pendekatan kontekstual. Model pembelajaran yang digunakan untuk menumbuhkan motivasi belajar siswa sekolah dasar salah satunya dengan TGT yaitu pembelajaran kelompok yang heterogen yang akan bertanding dalam permainan akademik di meja pertandingan yang homogen. Dalam tiap tahapan model pembelajaran TGT terdapat pendekatan kontekstual yaitu pembelajaran yang menekankan keterlibatan siswa secara langsung agar dapat menerapkannya dalam kehidupan mereka. Oleh karena itu dilakukan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan dua siklus. Masing-masing siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 36 siswa kelas IV SDN Kutosari 01 semester gasal tahun ajaran 2009/2010. Pengambilan data dilakukan dengan cara tes, dokumentasi, angket, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan respon siswa terhadap motivasi dan hasil belajar mereka, yakni peningkatan respon motivasi sebesar 3,35%, hasil belajar kognitif sebesar 16,57% dan hasil belajar psikomotorik sebesar 22,22%. Maka disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model TGT dengan pendekatan kontekstual dapat menumbuhkan motivasi belajar siswa dan juga dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kontekstual, motivasi, Team Games Tournament (TGT)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Users 3260 not found.
Date Deposited: 20 Nov 2011 11:46
Last Modified: 20 Nov 2011 11:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/8662

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item