Implementasi Lesson Study pada Mata Pelajaran Fisika Berbasis Problem Based Learning (PBL) Pokok Bahasan Kinematika di SMA 1 Pemalang.


Bagus Budianto, 4201406023 (2011) Implementasi Lesson Study pada Mata Pelajaran Fisika Berbasis Problem Based Learning (PBL) Pokok Bahasan Kinematika di SMA 1 Pemalang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Implementasi Lesson Study pada Mata Pelajaran Fisika Berbasis Problem Based Learning (PBL) Pokok Bahasan Kinematika di SMA 1 Pemalang.]
Preview
PDF (Implementasi Lesson Study pada Mata Pelajaran Fisika Berbasis Problem Based Learning (PBL) Pokok Bahasan Kinematika di SMA 1 Pemalang.) - Submitted Version
Download (364kB) | Preview

Abstract

SMA 1 Pemalang tahun ajaran 2010/2011, diketahui bahwa keaktifan siswa dalam pembelajaran belum optimal. Pembelajaran aktif yang berpusat pada siswa sangat jarang dilakukan. Guru jarang mengaitkan materi pelajaran dengan masalah nyata kehidupan sehari-hari siswa. Dalam penelitian ini guru dituntut sebagai fasilisator yang memberikan sarana-saran informasi yang dibutuhkan siswa untuk mengembangkan pengetahuannya sendiri. Melalui pembelajaran dengan model ini dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam kelas yang akan berdampak pula dengan meningkatnya kualitas pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan mengajar guru dan kualitas pembelajaran siswa SMA 1 Pemalang. Terdapat tiga tahapan Lesson Study yaitu Plan (perencanaan), Do (pelaksanaan), dan See (merefleksi). Metode penelitian yang digunakan post-test quasi experimental study dengan Populasi kelas XI IPA 2 dan XI IPA 3. Sampel penelitian diambil berdasarkan kesepakan team teaching dan dipilih kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 3 sebagai kelas kontrol. Data kemampuan guru mengajar diambil menggunakan lembar observasi, data kualitas pembelajaran diambil dengan lembar observasi, dokumentasi, angket dan tes. Analisis data penelitian dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif persentatif. Besar peningkatan kemampuan mengajar guru dan kualitas pembelajaran menggunakan uji t-test, uji gain dan dideskripsikan sesuai yang telah ditentukan. Berdasarkan analisis data diperoleh peningkatan kemampuan guru mengajar dari pertemuan ke pertemuan berikutnya adalah sebagai berikut: 318%, 8,65%, 18,67%. Peningkatan kualitas pmbelajaran yang terdiri dari aktivitas siswa tiap pertemuan yaitu 24,46%, 26,19%, 1,97% dan peningkatan hasil belajar sebesar 2,48%.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Lesson Study, Problem Based Learning, Kinematika
Subjects: Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: eko handoyo perpustakaan
Date Deposited: 04 Apr 2011 02:48
Last Modified: 25 Apr 2015 04:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/866

Actions (login required)

View Item View Item