PENGARUH METODE DISKUSI REFLEKTIF MELALUI PERTANYAAN DIVERGEN PADA MATERI POKOK REDOKS TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA SMA


Trisnani Dwi Pamuji , 4301406034 (2010) PENGARUH METODE DISKUSI REFLEKTIF MELALUI PERTANYAAN DIVERGEN PADA MATERI POKOK REDOKS TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA SMA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

This is the latest version of this item.

[thumbnail of PENGARUH METODE DISKUSI REFLEKTIF MELALUI PERTANYAAN DIVERGEN PADA MATERI POKOK REDOKS TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA SMA] Microsoft Word (PENGARUH METODE DISKUSI REFLEKTIF MELALUI PERTANYAAN DIVERGEN PADA MATERI POKOK REDOKS TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA SMA) - Published Version
Download (50kB)

Abstract

Pamuji, T, D. 2010. Pengaruh Metode Diskusi Reflektif Melalui Pertanyaan Divergen Pada Materi Pokok Redoks Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa SMA. Skripsi, Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I: Drs. Warlan Sugiyo, M. Si, Pembimbing II: Ir. Winarni, M. Si. Kata Kunci: diskusi reflektif, pertanyaan divergen, hasil belajar kimia. Strategi belajar mengajar yang tepat diperlukan untuk mencapai hasil belajar yang optimal. Proses pembelajaran yang kurang mengajak siswa untuk berperan aktif mengakibatkan siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi dan konsep-konsep kimia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode diskusi reflektif melalui pertanyaan divergen pada materi pokok redoks terhadap hasil belajar kimia siswa SMA. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA N 1 Tengaran tahun pelajaran 2009/2010. Kelas Sampel terdiri dari kelas X.7 sebagai kelas eksperimen dan X.8 sebagai kelas kontrol. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah metode diskusi reflektif melalui pertanyaan divergen. Variabel terikat adalah hasil belajar kimia materi pokok redoks siswa kelas X SMA N 1 Tengaran tahun 2009/2010 yang dinyatakan dengan nilai tes. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi, tes, observasi dan angket. Hasil uji normalitas dan homogenitas dapat diperoleh kedua sampel berdistribusi normal dan mempunyai varians homogenitas yang sama. Uji hipotesis yang dilakukan adalah uji perbedaan dua rata-rata, dengan menghasilkan nilai thitung= 3,651 > ttabel= 1,66 yang berarti hasil belajar kelas eksperimen lebih baik daripada hasil belajar kelas kontrol. Perhitungan koefisien korelasi biseral menghasilkan nilai sebesar 0,492 dengan koefisien determinasi sebesar 24,224%. Berdasarkan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pengggunaan metode diskusi reflektif melalui pertanyaan divergen berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa dengan kontribusi sebesar 24,224%. Saran yang dapat diberikan adalah metode diskusi reflektif melalui pertanyaan divergen dapat digunakan guru mata pelajaran kimia sebagai alternatif pembelajaran di kelas karena dapat mencapai ketuntasan belajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: diskusi reflektif, pertanyaan divergen, hasil belajar kimia.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: Users 3260 not found.
Date Deposited: 20 Nov 2011 11:48
Last Modified: 20 Nov 2011 11:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/8647

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item