KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN BERVISI SETS MELALUI STRATEGI CONCEPT MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN DI SMA N 12 SEMARANG
Dessy Susi Rahayu , 4301406038 (2010) KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN BERVISI SETS MELALUI STRATEGI CONCEPT MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN DI SMA N 12 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
This is the latest version of this item.
Microsoft Word (KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN BERVISI SETS MELALUI STRATEGI CONCEPT MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN DI SMA N 12 SEMARANG)
- Published Version
Download (50kB) |
Abstract
Rahayu, Dessy Susi. 2010. Keefektifan Pembelajaran Bervisi SETS Melalui Strategi Concept Mapping Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kelarutan Dan Hasil Kali Kelarutan Di SMA N 12 Semarang. Skripsi, Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I: Dr. Kasmadi Imam S, M.S., Prof. Drs. Achmad Binadja, Apt. Ph.D. Kata Kunci: Keefektifan, visi SETS, concept mapping Saat ini proses belajar di sekolah harus mempunyai target agar pembelajaran berlangung efektif. Dengan strategi concept maping bervisi SETS, pengajar dapat membuat program pengajaran yang lebih efektif. Permasalahan penelitian ini adalah bagaimana keefektifan pembelajaran bervisi SETS melalui strategi concept mapping terhadap hasil belajar siswa pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana keefektifan pembelajaran bervisi SETS melalui strategi concept mapping terhadap hasil belajar siswa pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive cluster sampling. Kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran bervisi SETS dan XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dengan pembelajaran bervisi SETS melalui strategi concept mapping. Berdasarkan hasil analisis ketuntasan belajar individu diperoleh thitung kelas eksperimen > ttabel sehingga disimpulkan hasil belajar telah tuntas dan ttabel kelas kontrol < ttabel dapat disimpulkan hasil belajar belum tuntas. Dari hasil uji ketuntasan klasikal diperoleh jumlah siswa tuntas di kelas eksperimen sebanyak 37 dari 38 siswa sedangkan pada kelas kontrol jumlah siswa tuntas sebanyak 30 dari 39 siswa. Rata-rata skor hasil posttest pada kelas eksperimen sebesar 31 sehingga pembelajaran termasuk kategori efektif, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 27 sehingga pembelajaran termasuk kategori cukup efektif. Dilihat dari rata-rata skor aspek afektif dan psikomotorik kelas eksperimen lebih besar dari kelas kontrol. Dari keterangan tersebut disimpulkan bahwa pembelajaran di kelas eksperimen lebih efektif daripada pembelajaran pada kelas kontrol.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keefektifan, visi SETS, concept mapping |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education Q Science > QD Chemistry |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1 |
Depositing User: | Users 3260 not found. |
Date Deposited: | 20 Nov 2011 11:48 |
Last Modified: | 20 Nov 2011 11:48 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/8646 |
Available Versions of this Item
-
KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN BERVISI SETS MELALUI STRATEGI CONCEPT MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN DI SMA N 12 SEMARANG. (deposited 20 Nov 2011 11:48)
- KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN BERVISI SETS MELALUI STRATEGI CONCEPT MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN DI SMA N 12 SEMARANG. (deposited 20 Nov 2011 11:48) [Currently Displayed]
Actions (login required)
View Item |