MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK JURNAL PENYESUAIAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) MELALUI MEDIA LKS SMA NU 1 SURADADI KABUPATEN TEGAL


Miftakhudin , 3301404568 (2011) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK JURNAL PENYESUAIAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) MELALUI MEDIA LKS SMA NU 1 SURADADI KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK JURNAL PENYESUAIAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) MELALUI MEDIA LKS SMA NU 1 SURADADI KABUPATEN TEGAL]
Preview
PDF (MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK JURNAL PENYESUAIAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) MELALUI MEDIA LKS SMA NU 1 SURADADI KABUPATEN TEGAL)
Download (135kB) | Preview

Abstract

Miftakhudin. 2010. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Jurnal Penyesuaian dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievment Division) Melalui Media LKS Siswa SMA NU 1 Suradadi Kabupaten Tegal. Skripsi. Pendidikan Akuntansi, Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I: Drs. Kusmurianto, M.Si, Pembimbing II: Drs. Subkhan. Kata kunci : prestasi belajar, metode pembelajaran kooperatif tipe STAD Hasil belajar merupakan faktor yang sangat penting, karena hasil belajar siswa yang dicapai merupakan alat untuk mengukur sejauh mana penguasaan materi yang diajarkan guru. Untuk mendapatkan hasil belajar yang baik, sebuah hasil dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu, faktor intern yang meliputi bakat belajar, kemampuan individu, motivasi, ketekunan, minat dan perhatian, dan faktor ekstern yang meliputi sosial ekonomi, kualitas pembelajaran, metode pengajaran, lingkugan, kurikulum sekolah dan lain-lain. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: 1) Apakah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (student teams achievement division) melalui media LKS dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan jurnal penyesuaian? 2) Bagaimana aktivitas siswa pada pokok bahasan jurnal penyesuaian dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD melalui media LKS? Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SMA NU 1 Suradadi pada siswa kelas XI yang terdiri dari dua kelas dengan jumlah 62 siswa. Kelas yang dijadikan sampel penelitian adalah kelas XI-IPS 2 dengan jumlah peserta didik 30 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Variable yang dikaji adalah metode pembelajaran kooperatif tipe STAD melalu media LKS sebagai varibel bebasnya dan variable terikatnya adalah hasil belajar siswa kelas XI-IPS2, metode pengupulan data yang digunakan adalah metode tes dan angket, dan tehnik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis diskriptif presentase. Dari hasil pre test yang dilakukan, presentase ketuntasan belajar siswa adalah 70%, dan pada akhir siklus I ketuntasan belajar siswa 63,33%, sedangkan pada siklus II presentase ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 76,67, dan pada siklus III mengalami peningkatan kembali mencapai 100%. Hasil ini diperkuat lagi dengan diadakannya post test, dimana ketuntasan belajar siswa mencapai 100%. Dari hasil pengamatan, aktivitas siswa juga mengalami peningkatan setiap siklusnya. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah bahwa penerapan metode pembelajaran kooperatif pendekatan STAD melalui media LKS mampu meningkatkan hasil belajar akuntansi pokok bahasan jurnal penyesuaian pada siswa kelas XI-IPS2 SMA NU 1 Suradadi Kabupaten Tegal. Dari hasil penelitian dapat disarankan, guru hendaknya mampu menumbuh kembangkan kemandirian dan ketrampilan siswa dalam pembelajaran akuntansi dengan memberiakan motivasi kepada siswa agar dapat mencapai prestasi belajar yang optimal sesuai dengan tujuan pembelajaran yang diharapkan, dan bagi siswa diharapkan lebih aktif dalam proses belajar mengajar untuk mencapai hasil belajar yang lebih baik lagi, dan untuk mencapai hasil belajar yang baik tersebut diperlukan peran serta dan kerjasama baik siswa maupun guru.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: prestasi belajar, metode pembelajaran kooperatif tipe STAD
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: Users 3261 not found.
Date Deposited: 20 Nov 2011 11:51
Last Modified: 20 Nov 2011 11:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/8614

Actions (login required)

View Item View Item