“Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Perubahan Harga Saham Pada Perusahaan Perbankan di Bursa Efek Indoesia (BEI)”

Agung Hery Setiawan, 3351405552 (2009) “Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Perubahan Harga Saham Pada Perusahaan Perbankan di Bursa Efek Indoesia (BEI)”. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (“Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Perubahan Harga Saham Pada Perusahaan Perbankan di Bursa Efek Indoesia (BEI)”) - Published Version
Download (7Mb)

    Abstract

    Kinerja perusahaan dalam dunia pasar modal dapat diapresiasikan dengan naik turunnya harga saham perusahaan. Salah satu analisis yang digunakan untuk memprediksi mengenai harga saham adalah analisis fundamental dan tehnikal. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh rasio keuangan yang terdiri dari : CAR, RORA, NPM, ROA dan LDR terhadap perubahan harga saham di BEI baik secara simultan maupun parsial dan seberapa besar pengaruh tersebut. Sedangkan tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh rasio- rasio keuangan CAR, RORA, NPM, ROA, dan LDR terhadap perubahan harga saham di BEI dan seberapa besarnya pengaruh tersebut. Populasi dalam penelitian ini adalah sektor perbankan yang go public di BEI sebanyak 30 bank. Sampel ditentukan dengan teknik purposive sampling dengan tujuan untuk mendapatkan sampel yang representatif sesuai dengan kriteria yang ditentukan. Adapun sampel dalam penelitian ini ada 18 perusahaan perbankan. Variabel dalam penelitian ini ada dua yaitu; variabel bebas meliputi CAR, RORA,NPM, ROA dan LDR. Sedangkan untuk variabel terikatnya adalah perubahan harga saham pada perusahaan perbankan di BEI. Hasil dalam penelitian ini diketahui bahwa ada pengaruh yang signifikan antara variabel X1, X2 , X3, X4 dan X5 secara bersama-sama terhadap variabel Y (Harga Saham) pada perusahaan perbankan go public, artinya Ha diterima.. Sedangkan uji secara parsial terdapat pengaruh yang signifikan antara CAR, NPM, dan ROA terhadap harga saham perusahaan perbankan di BEI. Besarnya pengaruh secara parsial diketahui bahwa besarnya pengaruh CAR terhadap Y sebesar 7,84%, RORA terhadap Y sebesar 0,10%, NPM terhadap Y sebesar 9,12%, ROA terhadap Y sebesar 13,18% dan besarnya pengaruh antara LDR terhadap Y sebesar 0,74%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa CAR, RORA, NPM, ROA, dan LDR secara bersama-sama mempunyai pengaruh terhadap harga saham perusahaan perbankan yang terdaftar di BEI pada periode tahun 2005-2007, dari kelima rasio tersebut, rasio ROA merupakan rasio yang paling dominan mempengaruhi harga saham. Terkait dengan hal tersebut, maka investor apabila berkeinginan membeli saham perusahaan perbankan harus memperhatikan rasio keuangan sebagai wujud nilai perusahaan. Karena dengan pengelolaan yang baik berarti kinerja perusahaan akan baik dan dengan kinerja yang baik itulah harga saham akan semakin baik.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Kinerja Keuangan, Perubahan harga Saham
    Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
    Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
    Date Deposited: 03 Apr 2011 22:26
    Last Modified: 25 Apr 2015 00:11

    Actions (login required)

    View Item