Pengaruh Motivasi Belajar, Kompetensi Guru dan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Pada Siswa Kelas XII di SMA TEUKU UMAR Semarang


Sri Sumiati, 3301405644 (2009) Pengaruh Motivasi Belajar, Kompetensi Guru dan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Pada Siswa Kelas XII di SMA TEUKU UMAR Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Motivasi Belajar, Kompetensi Guru dan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Pada Siswa Kelas XII di SMA TEUKU UMAR Semarang]
Preview
PDF (Pengaruh Motivasi Belajar, Kompetensi Guru dan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Pada Siswa Kelas XII di SMA TEUKU UMAR Semarang) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh berbagai faktor, baik dari faktor intern maupun faktor ekstern. Salah satu faktor intern yang memberikan kontribusi terhadap pencapaian prestasi belajar adalah faktor Motivasi Belajar, sedangkan yang memberikan kontribusi terhadap pencapaian Prestasi Belajar dari faktor ekstern diantaranya adalah Kompetensi Guru dan Fasilitas Belajar. Permasalan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) Apakah ada pengaruh Motivasi Belajar terhadap prestasi belajar akuntansi (2) Apakah ada pengaruh Kompetensi Guru terhadap prestasi belajar akuntansi (3) Apakah ada pengaruh Fasilitas Belajar terhadap prestasi belajar akuntansi (4) Apakah ada pengaruh Motivasi Belajar, Kompetensi Guru, dan Fasilitas Belajar terhadap prestasi belajar akuntansi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Ada tidaknya pengaruh Motivasi Belajar terhadap prestasi belajar akuntansi 2) Ada tidaknya pengaruh Kompetensi Guru terhadap prestasi belajar akuntansi (3) Ada tidaknya pengaruh antara motivasi belajar, kompetensi guru dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar akuntansi. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII IPS SMA TEUKU UMAR Semarang tahun 2008/2009 berjumlah 113 siswa yang terdiri dari 29 kelas XII IPS 1, 29 kelas XII IPS 2, 27 kelas XII IPS 3, 28 kelas XII IPS 4. Pengambilan Sampel berjumlah 113 siswa. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan metode analisis deskriptif persentase dan analisis regresi linier berganda dengan alat bantu SPSS for windows Release 15. Berdasarkan Analisis Regresi Berganda diperoleh persamaan Y= 31,200 + 0,352 X1 + 0,121 X2 + 0,539 X3. Hal ini dapat diketahui adanya pengaruh yang signifikan antara Motivasi belajar, Kompetensi Guru, dan Fasilitas Belajar terhadap Prestasi Belajar dengan kontribusi 73%. Sedangkan secara parsial Motivasi Belajar mempunyai kontribusi sebesar 13,69%, Kompetensi Guru mempunyai kontribusi sebesar 8,88% dan untuk Fasilitas Belajar mempunyai kontribusi sebesar 16,65%.   Berdasarkan hasil penelitian disarankan guru seharusnya senantiasa berusaha memotivasi dan mendorong siswa untuk belajar aktif, serta diharapkan mampu meningkatkan Prestasi Belajar siswa, Pihak sekolah hendaknya memperhatikan pertimbangan sekolah dalam menentukan kebijakan dalam rangka meningkatkan Prestasi belajar serta memberikan fasilitas belajar untuk menunjang kegiatan pembelajaran. Dan untuk siswa sendiri hendaknya lebih menumbuhkan Motivasi Belajar sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar, Kompetensi Guru, Fasilitas Belajar, Prestasi Belajar
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 21 Mar 2011 04:21
Last Modified: 25 Apr 2015 03:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/86

Actions (login required)

View Item View Item