PENINGKATAN HASIL BELAJAR SEJARAH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DENGAN PERMAINAN DESTINY BOARD PADA SISWA KELAS XI IPS 3 SMA NEGERI 2 MAGELANG TAHUN AJARAN 2009/2010

ANI WIDYANINGSIH , 3101406038 (2011) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SEJARAH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DENGAN PERMAINAN DESTINY BOARD PADA SISWA KELAS XI IPS 3 SMA NEGERI 2 MAGELANG TAHUN AJARAN 2009/2010. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Ani Widyaningsih. 2010. Peningkatan Hasil Belajar Sejarah Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Dengan Permainan Destiny Board Pada Siswa Kelas XI IPS 3 SMA Negeri 2 Magelang Tahun Ajaran 2009/2010. Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Drs. Cahyo Budi Utomo, M.Pd., Pembimbing II Dra. Putri Agus Wijayanti, M.Hum. Kata Kunci : Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT), Permainan Destiny Board. Dalam proses pembelajaran sejarah di kelas XI IPS 3 SMA Negeri 2 Magelang, banyak siswa yang tidak tertarik dan cenderung bersifat pasif dalam mengikuti pelajaran tersebut. Hal ini berdampak pada hasil belajar siswa menjadi kurang optimal. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT) dengan permainan destiny board dalam pembelajaran sejarah diharapkan siswa akan terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah model pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan permainan destiny board dapat meningkatkan hasil belajar sejarah siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri 2 Magelang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan permainan destiny board dapat meningkatkan hasil belajar sejarah siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri 2 Magelang. Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dua siklus. Setiap siklus terdiri empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri 2 Magelang yang berjumlah 32 siswa. Pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, dokumen, dan tes. Analisis data dilaksanakan secara statistik deskriptif. Siswa dinyatakan tuntas belajar apabila nilai tes mata pelajaran sejarah ≥73, dengan persentase ketuntasan belajar ≥ 80%. Hasil belajar siswa sebelum penelitian diperoleh nilai rata-rata kelas 75,09 dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 62,5%. Pada siklus I setelah diadakan penelitian diperoleh nilai rata-rata kelas 76,72 dengan persentase ketuntasan klasikal 71,88%. Pada siklus I nilai ratarata dan ketuntasan belajar klasikal sudah meningkat, tetapi ketuntasan belajar klasikal belum mencapai indikator. Selanjutnya, hasil belajar yang diperoleh pada siklus II mengalami peningkatan yang signifikan yaitu nilai rata-rata kelas siklus II sebesar 79,84 dengan ketuntasan klasikal mencapai 87,5%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan permainan destiny board dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kelas XI IPS 3 SMA Negeri 2 Magelang. Saran yang diajukan adalah model pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan permainan destiny board perlu dilaksanakan dalam pembelajaran sejarah karena model tersebut dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT), Permainan Destiny Board.
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: farid N fisika
Date Deposited: 20 Nov 2011 06:53
Last Modified: 20 Nov 2011 06:53

Actions (login required)

View Item