Peningkatan Kompetensi Mendiagnosis Sistem Starter Dengan Menggunakan Alat Peraga Berbasis Lampu Indikator


Khusen, 5201406003 (2011) Peningkatan Kompetensi Mendiagnosis Sistem Starter Dengan Menggunakan Alat Peraga Berbasis Lampu Indikator. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Kompetensi Mendiagnosis Sistem Starter Dengan Menggunakan Alat Peraga Berbasis Lampu Indikator] Microsoft Word (Peningkatan Kompetensi Mendiagnosis Sistem Starter Dengan Menggunakan Alat Peraga Berbasis Lampu Indikator) - Published Version
Download (54kB)

Abstract

Khusen. Peningkatan Kompetensi Mendiagnosis Sistem Starter Dengan Menggunakan Alat Peraga Berbasis Lampu Indikator. Skripsi. Program Studi Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana hasil belajar mahasiswa dengan menggunakan alat peraga sistem starter berbasis lampu indikator saat pelaksanaan pembelajaran mata kuliah kelistrkan otomotif khususnya pada kompetensi sistem starter sub kompetensi mendiagnosis sistem starter pada mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin Universitas Negeri Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan alat peraga sistem starter berbasis lampu indikator mampu meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam mendiagnosis sistem starter pada mata kuliah Kelistrikan Otomotif Jurusan Teknik Mesin Universitas Negeri Semarang. Pada penelitian ini populasinya adalah mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin angkatan 2007 Teknik Mesin Universitas Negeri Semarang yang mengambil mata kuliah Kelistrikan Otomotif yang berjumlah 30 mahasiswa pada semester ganjil 2009/2010. Peneliti mengambil satu kelas sebagai sampel untuk memudahkan dalam pembelajaran sehingga sampel yang akan dilakukan penelitian adalah seluruh populasinya. Hasil analisis data membuktikan bahwa ada peningkatan kompetensi mendiagnosis sistem starter setelah menggunakan alat peraga sistem starter berbasis lampu indikator. Untuk itu diharapkan setiap pembelajaran materi kuliah yang bersifat aplikatif menggunakan metode pembalajaran dengan alat peraga, sebab dari hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran dengan alat peraga dapat meningkatkan kompetensi mahasiswa. Kata kunci: kompetensi, metode pembelajaran dengan alat peraga berbasis lampu indikator, sistem starter.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kompetensi, metode pembelajaran dengan alat peraga berbasis lampu indikator, sistem starter
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1
Depositing User: Users 3313 not found.
Date Deposited: 20 Nov 2011 11:53
Last Modified: 20 Nov 2011 11:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/8585

Actions (login required)

View Item View Item