UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPS A SEMESTER GENAP DI MA TAQWAL ILAH KOTA SEMARANG MELALUI STRATEGI LEARNING START WITH A QUESTION DAN INFORMATION SEARCH PADA POKOK BAHASAN PENDUDUKAN JEPANG DI INDONESIA TAHUN AJARAN 2009/ 2010

Ahmad Ngizudin , 3101406528 (2010) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPS A SEMESTER GENAP DI MA TAQWAL ILAH KOTA SEMARANG MELALUI STRATEGI LEARNING START WITH A QUESTION DAN INFORMATION SEARCH PADA POKOK BAHASAN PENDUDUKAN JEPANG DI INDONESIA TAHUN AJARAN 2009/ 2010. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

This is the latest version of this item.

Abstract

Ahmad Ngizudin. 2010.Upaya Menigkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS A Semester Genap Di MA Taqwal Ilah Kota Semarang Melalui Strategi Learning Start With A Question dan Information Search Pada Pokok Bahasan Pendudukan Jepang di Indonesia Tahun Ajaran 2009/2010. Skripsi, Jurusan Sejarah, FIS UNNES. Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Semarang. Kata kunci: hasil belajar, strategi, learning start with a question dan information search Proses pembelajaran sejarah di MA Taqwal Ilah, terutama di kelas XI IPS A Kota Semarang, belum melibatkan siswa secara aktif sehingga siswa bertindak pasif dalam mengikuti pelajaran tersebut. Hal ini berdampak pada hasil belajar siswa yang kurang memuaskan. Penggunaan strategi Learning Start With A Question dan Information Search dalam pembelajaran sejarah diharapkan siswa akan terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah srategi Learning Start With A Question dan Information Search dapat meningkatkan hasil belajar sejarah siswa kelas XI IPS A MA Taqwal Ilah Kota Semarang tahun ajaran 2009/2010. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar sejarah siswa kelas XI IPS A Kota Semarang tahun ajaran 2009/2010 dengan srategi Learning Start With A Question dan Information Search. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI IPS A MA Taqwal Ilah yang berjumlah 36 siswa. Siswa dinyatakan tuntas belajar apabila nilai tes mata pelajaran sejarah > 70, dengan persentase ketuntasan belajar > 80%. Hasil belajar siswa sebelum penelitian diperoleh rata-rata ulangan harian 72,36 dengan persentase ketuntasan belajarnya sebesar 66,66%. Pada siklus I setelah diadakan penelitian diperoleh nilai rata-rata kognitif siswa sebesar 76,66 dengan persentase ketuntasan belajarnya 75%. Nilai rata-rata lembar diskusi siswa (LDS) siklus I sebesar 75,16 dengan persentase ketuntasan belajar 66,66%. Selanjutnya, hasil belajar yang diperoleh pada siklus II mengalami peningkatan yang singnifikan yaitu nilai rata-rata siklus II siswa sebesar 81,80 dengan persentase ketuntasan belajarnya 86,11% nilai rata-rata lembar diskusi siswa (LDS) sebesar 83,5 dengan persentase ketuntasan belajarn 100%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan srategi Learning Start With A Question dan Information Search dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Saran yang diajukan adalah strategi pembelajaran Learning Start With A Question dan Information Search perlu dilaksanakan dalam pembelajaran sejarah di kelas karena strategi tersebut dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, strategi, learning start with a question dan information search
Subjects: D History General and Old World > DS Asia > Indonesian History
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Sejarah, S1
Depositing User: Ahmad Juheri Fisika
Date Deposited: 20 Nov 2011 06:57
Last Modified: 20 Nov 2011 06:57

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item