PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI TEKNIK SCRAMBLE DENGAN MEDIA RUBRIK PENGETAHUAN MAJALAH BOBO PADA SISWA KELAS III SD 2 WERGU KULON KUDUS


Noor Wachidah Amalia , 2101406013 (2010) PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI TEKNIK SCRAMBLE DENGAN MEDIA RUBRIK PENGETAHUAN MAJALAH BOBO PADA SISWA KELAS III SD 2 WERGU KULON KUDUS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

This is the latest version of this item.

[thumbnail of PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI TEKNIK SCRAMBLE DENGAN MEDIA RUBRIK PENGETAHUAN MAJALAH BOBO PADA SISWA KELAS III SD 2 WERGU KULON KUDUS] Microsoft Word (PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI TEKNIK SCRAMBLE DENGAN MEDIA RUBRIK PENGETAHUAN MAJALAH BOBO PADA SISWA KELAS III SD 2 WERGU KULON KUDUS) - Published Version
Download (53kB)

Abstract

Amalia, Noor Wachidah. 2010. Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman melalui Teknik Scramble dengan Media Rubrik Pengetahuan Majalah Bobo. Skripsi. Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang, Pembimbing 1: Drs. Hariyadi, M.Pd., Pembimbing II: Drs. Wagiran, M.Hum. Kata kunci: membaca pemahaman, teknik scramble, media rubrik pengetahuan majalah Bobo. Membaca merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang memiliki peranan penting bagi peningkatan kualitas kehidupan seseorang. Semua pendidik berharap anak didiknya menguasai keterampilan membaca. Salah satunya adalah siswa dapat membaca pemahaman. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru kelas III, diketahui bahwa tingkat membaca pemahaman siswa SD 2 Wergu Kulon Kudus masih rendah. Rendahnya keterampilan membaca pemahaman disebabkan oleh strategi pembelajaran yang digunakan guru dalam pembelajaran tidak didasarkan atas identifikasi terhadap kemampuan siswa, karakteristik siswa, keadaan siswa, dan keinginan siswa, sehingga strategi pembelajaran yang digunakan sering tidak tepat. Guru masih menerapkan pola pembelajaran konvensional sehingga tidak ada variasi dalam pembelajaran. Untuk mengatasi rendahnya keterampilan membaca pemahaman tersebut, diberikan alternatif menggunakan teknik scramble dengan media rubrik pengetahuan majalah Bobo karena teknik ini merupakan kombinasi antara belajar dan bermain yang di dalamnya siswa dapat secara aktif ikut terlibat dalam pembelajaran dan tidak hanya sebagai pendengar ketika guru berceramah tentang materi. Berdasarkan latar belakang tersebut, permasalahan yang akan diangkat dalam penelitian ini adalah 1) bagaimanakah peningkatan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas III SD 2 Wergu Kulon Kudus setelah mendapat pembelajaran melalui teknik scramble dengan media rubrik pengetahuan majalah Bobo; dan 2) bagaimanakah perubahan perilaku siswa kelas III SD 2 Wergu Kulon Kudus dalam kemampuan membaca pemahaman setelah mendapat pembelajaran melalui teknik scramble dengan media rubrik pengetahuan majalah Bobo. Adapun tujuan penelitian ini adalah 1) mendeskripsikan peningkatan keterampilan membaca pemahaman melalui teknik scramble dengan media rubrik pengetahuan majalah Bobo pada siswa kelas III SD 2 Wergu Kulon Kudus; dan 2) mendeskripsikan perubahan perilaku siswa kelas III SD 2 Wergu Kulon Kudus dalam kemampuan membaca pemahaman setelah mengikuti pembelajaran melalui teknik scramble dengan media rubrik pengetahuan majalah Bobo. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang menggunakan dua siklus. Setiap siklus terdiri atas dua pertemuan dilakukan melalui tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah keterampilan membaca pemahaman siswa kelas III SD 2 Wergu Kulon Kudus. Variabel yang diungkap dalam penelitian ini adalah variabel peningkatan keterampilan membaca pemahaman dan variabel teknik scramble dengan media rubrik pengetahuan majalah Bobo. Pengambilan data dilakukan dengan tes dan nontes. Alat pengambilan data nontes berupa pedoman observasi, pedoman jurnal, pedoman wawancara, dan pedoman dokumentasi foto. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik kuantitatif dan teknik kualitatif. Berdasarkan hasil analisis data dapat diketahui bahwa keterampilan membaca pemahaman setelah mengikuti pembelajaran membaca pemahaman melalui teknik scramble dengan media rubrik pengetahuan majalah Bobo mengalami peningkatan. Peningkatan ini dapat dilihat berdasarkan ketiga hasil tes yang dilakukan pada siswa kelas III SD 2 Wergu Kulon Kudus yang meliputi tes awal (pratindakan), tes akhir siklus I, dan tes akhir siklus II. Hasil tes awal yaitu tes sebelum tindakan penelitian tindakan kelas, menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas sebesar 55,94 atau termasuk kategori kurang. Hasil pada siklus I, nilai rata-rata kelas sebesar 63,75 atau termasuk kategori cukup. Hasil ini menunjukkan bahwa antara tes awal (pratindakan) dan siklus I terjadi peningkatan sebesar 13,96%. Pada siklus II nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 74,69 atau termasuk kategori baik artinya terjadi peningkatan sebesar 17,16% dari siklus I ke siklus II dan hasil yang dicapai tersebut sudah memenuhi target yang telah ditetapkan. Dari pratindakan ke siklus II sangat terlihat peningkatan sebesar 33,52%.Perubahan tingkah laku siswa dapat dilihat secara jelas pada saat pembelajaran. Berdasarkan hasil nontes siklus I, masih tampak perilaku negatif siswa saat pembelajaran berlangsung. Pada siklus II perilaku negatif siswa semakin berkurang dan perilaku positif siswa semakin bertambah. Saran yang dapat peneliti rekomendasikan antara lain 1) guru mata pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia kiranya dapat memanfaatkan teknik scramble dan media rubrik pengetahuan majalah Bobo sebagai alternatif dalam penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran membaca pemahaman; 2) para peneliti di bidang pendidikan dan bahasa dapat menggunakan penelitian ini sebagai bahan rujukan untuk melakukan penelitian lain dengan menggunakan teknik pembelajaran yang berbeda, sehingga didapat berbagai alternatif teknik pembelajaran khususnya pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia; dan 3) siswa hendaknya dalam mengikuti kegiatan pembelajaran membaca pemahaman selalu semangat dan berperilaku positif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: membaca pemahaman, teknik scramble, media rubrik pengetahuan majalah Bobo.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Users 3260 not found.
Date Deposited: 20 Nov 2011 11:58
Last Modified: 20 Nov 2011 11:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/8534

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item