EFEKTIVITAS PEMANFAATAN RUANG SEJARAH (HISTORY ROOM) DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH PADA SISWA KELAS XI IPS SEMESTER II SMA N 2 REMBANG TAHUN PELAJARAN 2009/2010


Ustri Rusmiyati , 3101406550 (2010) EFEKTIVITAS PEMANFAATAN RUANG SEJARAH (HISTORY ROOM) DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH PADA SISWA KELAS XI IPS SEMESTER II SMA N 2 REMBANG TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

This is the latest version of this item.

[thumbnail of EFEKTIVITAS PEMANFAATAN RUANG SEJARAH (HISTORY ROOM) DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH PADA SISWA KELAS XI IPS SEMESTER II SMA N 2 REMBANG TAHUN PELAJARAN 2009/2010] Microsoft Word (EFEKTIVITAS PEMANFAATAN RUANG SEJARAH (HISTORY ROOM) DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH PADA SISWA KELAS XI IPS SEMESTER II SMA N 2 REMBANG TAHUN PELAJARAN 2009/2010) - Published Version
Download (51kB)

Abstract

Ustri Rusmiyati. 2010. Efektivitas Pemanfaatan Ruang Sejarah (History Room) dalam Pembelajaran Sejarah pada Siswa Kelas XI IPS Semester II SMA Negeri 2 Rembang Tahun Pelajaran 2009/2010. Jurusan Sejarah. Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Semarang. Kata kunci: Ruang Sejarah (History Room), Pembelajaran Sejarah Pembelajaran Sejarah di sekolah, senantiasa mendapatkan respon yang kurang baik dari siswa. Ketertarikan siswa terhadap mata pelajaran sejarah selalu dianggap rendah. Hal ini mengakibatkan hasil belajar sejarah siswa rendah. Oleh karena itu dibutuhkan suatu upaya untuk mengatasi hal tersebut. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimanakah hasil belajar siswa yang diajar dengan memanfaatkan ruang sejarah (history room) dan siswa yang diajar tanpa memanfaatkan ruang sejarah, (2) bagaimanakah efektifitas pemanfaatan ruang sejarah (history room) dalam pembelajaran sejarah pada siswa kelas XI IPS semester II SMA N 2 Rembang Tahun Pelajaran 2009/2010, (3) bagaimanakah respon siswa yang diajar dengan memanfaatkan ruang sejarah (history room) dan siswa yang diajar tanpa memanfaatkan ruang sejarah. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Rembang yang berjumlah 150 siswa. Sampel penelitian ini berjumlah 74 siswa, yang terdiri dari kelas eksperimen berjumlah 37 siswa dan kelas kontrol 37 siswa. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan angket yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis untuk uji hipotesis digunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan: (1) hasil belajar sejarah siswa yang diajar dengan memanfaatkan ruang sejarah (history room) rata-rata 82,38 dengan nilai terendah 70 dan nilai tertinggi 93, sedangkan nilai siswa yang diajar tanpa memanfaatkan ruang sejarah rata-rata 79,00 dengan nilai terendah 70 dan nilai tertingginya 87, (2) berdasarkan uji hipotesis diketahui ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar sejarah siswa yang diajar tanpa menggunakan ruang sejarah (history room) dan yang memanfaatkan ruang sejarah, hal ini ditunjukkan dengan harga =1,67 dan =3,013 karena t berada pada daerah penolakan Ho, maka dapat disimpulkan bahwa kelompok eksperimen lebih baik dari pada kelompok kontrol, (3) respon siswa kelompok eksperimen dalam pembelajaran sejarah rata-rata 86,28% dengan kriteria sangat baik, respon siswa kelompok kontrol dalam pembelajaran sejarah diperoleh persentase rata-rata 67,20% dengan kriteria cukup baik. Saran yang dapat disampaikan penulis yaitu Dinas Pendidikan diharapkan menyediakan ruang sejarah (history room) bagi setiap sekolah, pihak sekolah hendaknya mengupayakan kelengkapan sumber dan media belajar sejarah pada ruang sejarah (history room), guru dan siswa diharapkan dapat bekerjasama dan lebih aktif dalam memanfaatkan ruang sejarah (history room) sebagai sarana belajar sejarah secara efektif dan efisien.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Ruang Sejarah (History Room), Pembelajaran Sejarah
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Sejarah, S1
Depositing User: Users 3260 not found.
Date Deposited: 20 Nov 2011 11:59
Last Modified: 20 Nov 2011 11:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/8526

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item