PENGARUH PERSEPSI SISWA MENGENAI KOMPETENSI GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SEBAGAI VARIABEL MODERATING SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI I GOMBONG TAHUN AJARAN 2009/2010

Ajeng Desi Pemiluwati , 3301405576 (2010) PENGARUH PERSEPSI SISWA MENGENAI KOMPETENSI GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SEBAGAI VARIABEL MODERATING SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI I GOMBONG TAHUN AJARAN 2009/2010. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

This is the latest version of this item.

Abstract

Ajeng Desi Pemiluwati, 2010. “Pengaruh Persepsi Siswa Mengenai Kompetensi Guru terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa dan Motivasi Belajar Siswa sebagai Variabel Moderating Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri I Gombong Tahun Ajaran 2009/2010”. Skripsi. Jurusan Akuntansi. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I: Drs. Sukirman, M.Si. Dosen II: Indah Fajarini SW, S.E.Akt, M.Si. Kata Kunci: Kompetensi Guru, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar. Prestasi belajar merupakan hasil belajar siswa yang dicapai ketika mengikuti dan mengerjakan tugas dalam kegiatan pembelajaran di sekolah., sehingga dapat diketahui apakah proses kegiatan belajar tersebut telah berhasil atau tidak, Keberhasilan belajar dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu faktor eksternal dan internal. Kedua faktor belajar tersebut diharapkan dapat mendukung proses kegiatan belajar mengajar di sekolah. Hal tersebut, mendorong peneliti untuk melakukan penelitian dengan tujuan mengetahui pengaruh persepsi siswa mengenai kompetensi guru terhadap prestasi belajar dan pengaruh motivasi belajar memoderasi hubungan antara persepsi siswa mengenai kompetensi guru dengan prestasi belajar. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri I Gombong Tahun Pelajaran 2009/2010 sebanyak 155 siswa. Sampel yang digunakan sebanyak 112 siswa yang didapat dari perhitungan dengan teknik Area Proportional Random Sampling. Data yang digunakan berupa data primer yang diambil dengan metode kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji regresi sederhana dan uji selisih mutlak moderating. Hasil penelitian pada uji regresi sederhana menunjukkan persepsi siswa mengenai kompetensi guru berpengaruh positif terhadap prestasi belajar dengan nilai R2 sebesar 56,80% (P value ). Uji selisih mutlak moderating secara parsial persepsi siswa mengenai kompetensi guru berpengaruh positif 0,000<0,05), motivasi belajar berpengaruh positif (0,000<0,05) sedangkan motivasi belajar sebagai variabel moderating berpengaruh positif dalam hubungan antara persepsi siswa mengenai kompetensi guru terhadap prestasi belajar akuntansi (0,001<0,05) dan secara simultan kedua variabel berpengaruh positif dengan nilai Adjusted R2 sebesar 69,5% (0,000<0,05). Simpulan dari penelitian ini adalah persepsi siswa mengenai kompetensi guru berpengaruh positif terhadap prestasi belajar. Motivasi belajar berpengaruh positif sebagai variabel moderating dalam hubungan antara persepsi siswa mengenai kompetensi guru terhadap prestasi belajar akuntansi. Saran bagi peneliti berikutnya agar menggunakan variabel lain sebagai variabel moderating. Saran bagi sekolah, diharapkan guru lebih dapat membangkitkan motivai belajar siswa, agar timbul motivasi yang kuat dalam siswa untuk belajar

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Guru, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: Ahmad Juheri Fisika
Date Deposited: 20 Nov 2011 07:00
Last Modified: 20 Nov 2011 07:00

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item