EFEKTIVITAS GUIDED DISCOVERY LEARNING DENGAN INDEX CARD MATCH PADA PEMBELAJARAN STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN TUMBUHAN DI SMP NEGERI 1 WINONG PATI


Ana Yuliani, 4401406053 (2011) EFEKTIVITAS GUIDED DISCOVERY LEARNING DENGAN INDEX CARD MATCH PADA PEMBELAJARAN STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN TUMBUHAN DI SMP NEGERI 1 WINONG PATI. Under Graduates thesis, universitas negeri semarang.

[thumbnail of EFEKTIVITAS GUIDED DISCOVERY LEARNING DENGAN INDEX CARD MATCH PADA PEMBELAJARAN STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN TUMBUHAN ]
Preview
PDF (EFEKTIVITAS GUIDED DISCOVERY LEARNING DENGAN INDEX CARD MATCH PADA PEMBELAJARAN STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN TUMBUHAN )
Download (97kB) | Preview

Abstract

Yuliani, Ana. 2010. Efektivitas Guided Discovery Learning dengan Index Card Match pada pembelajaran Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan di SMP Negeri 1 Winong Pati. Skripsi, Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Semarang. Prof. Dr. Sri Mulyani ES, M. Pd, Dra. Lina Herlina, M. Si. Pembelajaran materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan di SMP Negeri 1 Winong dilakukan secara konvensional dengan ceramah dan diskusi, namun hasilnya kurang maksimal, hal tersebut dapat dilihat dari hasil belajar yang rendah. Guru kurang memanfaatkan obyek belajar sebagai sumber belajar. Pembelajaran cenderung bersifat satu arah dimana siswa kurang diberikan kesempatan untuk menunjukkan aktivitas belajarnya secara maksimal. Pembelajaran Guided Discovery Learning dengan Index Card Match merupakan pembelajaran yang mengajak siswa untuk mencari dan menemukan sendiri materi yang akan dipelajarinya melalui serangkaian aktivitas belajar dan pada akhir pembelajaran dilakukan pengulasan kembali materi melalui permainan kartu pasangan. Tujuan penelitian untuk mengetahui efektivitas pembelajaran Guided Discovery Learning dengan Index Card Match pada materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan di SMP N 1 Winong Pati. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri Winong Pati semester genap Tahun Pelajaran 2009/2010 dengan rancangan Experimental (Pre-Post test Control Group Design). Pengambilan sampel dengan teknik cluster random sampling. Sumber data penelitian adalah siswa dan guru, data penelitian berupa hasil belajar, aktivitas siswa, kinerja siswa, kinerja guru, serta tanggapan siswa dan guru terhadap pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rerata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen adalah 78.89 dengan ketuntasan klasikal sebesar 82,1%, 81% aktivitas siswa dalam kategori aktif, dan 100% kinerja siswa dalam kategori terampil, sedangkan rerata pada kelas kontrol adalah 73,6 dengan ketuntasan klasikal sebesar 62,25%, 62,25% aktivitas siswa dalam kategori aktif, dan 100% kinerja guru pada kelas kontrol maupun pada kelas eksperimen dalam kategori tinggi. Simpulan penelitian adalah pembelajaran melalui Guided Discovery Learning dengan Index Card Math efektif diterapkan pada materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan di SMP N1 Winong Pati. Kata Kunci : Efektivitas, Guided Discovery Learning, Index Card Match

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Guided Discovery Learning, Index Card Match
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: Users 3263 not found.
Date Deposited: 20 Nov 2011 12:01
Last Modified: 20 Nov 2011 12:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/8492

Actions (login required)

View Item View Item