Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Pokok Bahasan Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan


Zuanita Adriyani, 4301406058 (2011) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Pokok Bahasan Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Pokok Bahasan Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan] Microsoft Word (Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Pokok Bahasan Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan) - Published Version
Download (54kB)

Abstract

Adriyani, Zuanita. 2010. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Pokok Bahasan Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan. Skripsi S1 Pendidikan Kimia, Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I: Drs. Wisnu Sunarto, M.Si., Pembimbing II: Drs. Ersanghono Kusumo, M.S. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT), Aktivitas, Hasil Belajar. Materi pokok kelarutan dan hasil kali kelarutan merupakan materi yang banyak berisi perhitungan, jika disampaikan hanya dengan metode ceramah saja maka siswa tidak akan tertarik untuk mempelajarinya, siswa hanya sibuk mencatat atau menyalin jawaban dari guru sehingga siswa tidak dapat memahami materi dengan baik dan hasil belajar siswa rendah. Suatu model pembelajaran baru perlu diterapakan untuk meningkatkan keaktifan dalam pembelajaran dan hasil belajar siswa. Keaktifan siswa terjadi dengan adanya proses pembelajaran dalam kelompok kecil, alternatif model pembelajaran yang dapat digunakan Numbered Head Together (NHT). Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif NHT terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 8 Semarang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Dari hasil random diperoleh kelas XI IPA 1 sebagai kelompok eksperimen dan kelas XI IPA 4 sebagai kelompok kontrol. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata hasil belajar siswa kelompok eksperimen adalah 76,34 dengan ketuntasan klasikal 88,57 % sedangkan rata-rata hasil belajar pada kelompok kontrol 66,53 dengan ketuntasan hlasikal 64,71 %. Model pembelajaran kooperatif tipe NHT cukup berpengaruh terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa dengan harga korelasi biserial (rb) masing-masing 0,480 dan 0,549 dengan harga KD sebesar 23,05% dan 30,11%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dapat berpengaruh terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa sehingga disarankan kepada guru agar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dalam pembelajaran kimia.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT), Aktivitas, Hasil Belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: Users 3313 not found.
Date Deposited: 20 Nov 2011 12:03
Last Modified: 20 Nov 2011 12:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/8473

Actions (login required)

View Item View Item