IDENTIFIKASI KOMPETENSI GURU IPA BIOLOGI SMP NEGERI DI KABUPATEN BANJARNEGARA DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN


Ary Romalia, 4401405039 (2011) IDENTIFIKASI KOMPETENSI GURU IPA BIOLOGI SMP NEGERI DI KABUPATEN BANJARNEGARA DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang (UNNES).

[thumbnail of IDENTIFIKASI KOMPETENSI GURU IPA BIOLOGI SMP NEGERI DI KABUPATEN BANJARNEGARA DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN ]
Preview
PDF (IDENTIFIKASI KOMPETENSI GURU IPA BIOLOGI SMP NEGERI DI KABUPATEN BANJARNEGARA DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN )
Download (124kB) | Preview

Abstract

Romalia, Ary. 2010. Identifikasi Kompetensi Guru Biologi SMP Negeri di Kabupaten Banjarnegara dalam Kegiatan Pembelajaran. Skripsi, Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Semarang. Prof.Dr. Sri Mulyani ES, M. Pd, dan Drs. Sigit Saptono M. Pd. Menurut UU Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, seorang guru dikatakan profesional jika mampu memenuhi empat kompetensi yaitu kompetensi kepribadian, kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, dan kompetensi sosial. Guru yang profesional akan tercermin dalam pelaksanaan pengabdian tugas-tugas yang ditandai dengan keahlian baik dalam materi maupun metode pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi/ mendeskripsikan/ menjelaskan/ menguraikan kompetensi guru IPA Biologi SMP Negeri di Kabupaten Banjarnegara. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri yang ada di Kabupaten Banjarnegara semester genap tahun pelajaran 2009/ 2010. Subyek penelitian adalah semua guru IPA Biologi SMP Negeri di Kabupaten Banjarnegara yang berjumlah 115 orang. Penelitian ini dilakukan melalui empat tahap yaitu observasi awal, pembuatan instrumen, pelaksanaan, dan analisis data. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian untuk setiap kompetensi guru IPA Biologi SMP Negeri di kabupaten Banjarnegara dapat dideskripsikan sebagai berikut: (1) Kompetensi pedagogik guru yang belum tersertifikasi yaitu memperoleh 63,78% sedangkan guru yang tersertifikasi memperoleh 49,28%. (2) Kompetensi profesional guru yang tersertifikasi yaitu memperoleh 51,63%, sedangkan guru yang belum tersertifikasi memperoleh 63,67%. (3) Kompetensi sosial guru yang tersertifikasi yaitu sebesar 47,60%, guru yang belum tersertifikasi sebesar 60,63%. (4) Kompetensi kepribadian pada guru yang telah tersertifikasi yaitu sebesar 45% dan yang belum tersertifikasi yaitu sebesar 58,75 %. Berdasarkan hasil dan analisis data penelitian dapat disimpulkan bahwa kompetensi guru IPA Biologi SMP Negeri di kabupaten Banjarnegara yang telah tersertifikasi tergolong masih rendah dengan rata-rata persentase 36,99% dan kompetensi guru yang belum tersertifikasi tergolong sedang dengan rata-rata persentase 43,75%. Kata kunci: Kompetensi, kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi professional, kompetensi sosial, dan keterampilan mengajar

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi, kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi professional, kompetensi sosial, dan keterampilan mengajar
Subjects: Q Science > QK Botany
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: Users 3314 not found.
Date Deposited: 20 Nov 2011 12:04
Last Modified: 20 Nov 2011 12:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/8462

Actions (login required)

View Item View Item