Studi Komparasi Skripsi Mahasiswa Pendidikan Sejarah Unnes Tahun 2005-2009


Munnurani, 3101406546 (2011) Studi Komparasi Skripsi Mahasiswa Pendidikan Sejarah Unnes Tahun 2005-2009. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Studi Komparasi Skripsi Mahasiswa Pendidikan Sejarah Unnes Tahun 2005-2009] Microsoft Word (Studi Komparasi Skripsi Mahasiswa Pendidikan Sejarah Unnes Tahun 2005-2009) - Published Version
Download (56kB)

Abstract

Munnurani. 2010. Studi Komparasi Skripsi Mahasiswa Pendidikan Sejarah Unnes Tahun 2005-2009. Skripsi, Jurusan Sejarah, FIS UNNES. Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Semarang. Kata Kunci : Skripsi, Pendidikan Sejarah Skripsi merupakan media komunikasi ilmiah antara mahasiswa dan masyarakat akademik dalam rangka pengembangan ilmu. Berdasarkan observasi awal dan data yang diperoleh diketahui bahwa banyak skripsi mahasiswa pendidikan sejarah yang memiliki kemiripan judul, dan banyak penelitian kembali hasil skripsi tahun sesudahnya untuk dijadikan penelitian hasil skripsinya. Oleh karena itu, permasalahan yang ingin penulis kemukakan adalah : (1) apakah judul penulisan skripsi mahasiswa pendidikan sejarah sudah ideal menurut pedoman secara umum. (2) apakah terdapat kesesuaian antara masalah, tujuan, teori, metode, serta hasil skripsi mahasiswa pendidikan sejarah. (3) berapa banyak skripsi mahasiswa pendidikan sejarah yang terjadi persamaan judul tetapi beda masalah serta beda tujuan tahun 2005-2009?. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif komparatif. Populasi dalam penelitian ini ialah skripsi mahasiswa pendidikan sejarah tahun 2005-2009 yang berjumlah 283 skripsi dan sampel yang diambil sebanyak 20 skripsi. Pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling, artinya dipilih sesuai dengan tujuan dan masalah yang akan diteliti. Analisis data yang digunakan dalam penelitian menggunakan model analisis isi (content analysis), bertujuan untuk membandingkan data itu terhadap standar atau teori, sehingga menarik hubungannya. Hasil penelitian terhadap skripsi tahun 2005-2009 menunjukkan bahwa: (1) judul yang kurang ideal sebanyak 10 skripsi, ideal sebanyak 3 skripsi, dan sangat ideal sebanyak 7 skripsi dari 20 sampel skripsi yang diambil. (2) skripsi yang dibuat oleh mahasiswa pendidikan sejarah angkatan 2005-2009, dilihat dari isinya sudah terdapat keterkaitan antar masalah, tujuan, teori, metode, serta hasil skripsi mahasiswa pendidikan sejarah, dan (3) terdapat 4 skripsi yang memiliki persamaan judul, landasan teori, dan metode penelitian tetapi beda masalah, beda tujuan, beda pembahasan, serta 2 skripsi yang sama metode penelitian tetapi beda judul, rumusan masalah, tujuan, landasan teori, dan pembahasan. Dari hasil penelitian disarankan skripsi mahasiswa pendidikan sejarah tahun 2005-2009, sebaiknya dijadikan referensi bagi mahasiswa pendidikan sejarah yang akan datang untuk tidak menjiplak hasil skripsi yang telah diteliti. Bagi dosen pembimbing diharapkan dapat lebih meneliti hasil skripsi mahasiswa bimbingannya sehingga persamaan-persamaan dalam penyusunan skripsi dapat dikurangi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Skripsi, Pendidikan Sejarah
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Users 3313 not found.
Date Deposited: 20 Nov 2011 12:07
Last Modified: 20 Nov 2011 12:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/8414

Actions (login required)

View Item View Item