EFEKTIVITAS PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN BERBASIS DEEP DIALOGUE/CRITICAL THINKING TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUB KONSEP ARTHROPODA


Ratna Giantika , 4401406045 (2011) EFEKTIVITAS PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN BERBASIS DEEP DIALOGUE/CRITICAL THINKING TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUB KONSEP ARTHROPODA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang (UNNES).

[thumbnail of EFEKTIVITAS PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN BERBASIS DEEP DIALOGUE/CRITICAL THINKING TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUB KONSEP ARTHROPODA ]
Preview
PDF (EFEKTIVITAS PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN BERBASIS DEEP DIALOGUE/CRITICAL THINKING TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUB KONSEP ARTHROPODA )
Download (430kB) | Preview

Abstract

Giantika, Ratna. 2010. Efektivitas Penerapan Pendekatan Pembelajaran Berbasis Deep Dialogue/Critical Thinking terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Sub Konsep Arthropoda. Skripsi, Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Semarang. Drs. Bambang P, M.Si. dan Dra. Chasnah Berdasarkan hasil observasi pada pembelajaran Biologi Kelas X di SMA N 1 Slawi, diperoleh data bahwa interaksi pembelajaran dalam kelas masih relatif rendah dan pembelajaran didominasi dengan metode ceramah sehingga kurang menarik perhatian siswa dan menyebabkan siswa menjadi kurang termotivasi untuk terlibat aktif dalam kegiatan belajar mengajar. Hal tersebut tentu saja berakibat pada rendahnya hasil belajar siswa. Salah satu upaya untuk mengatasi kejenuhan dalam proses pembelajaran dan memberi kesempatan pada siswa untuk lebih aktif dan bekerjasama dengan siswa lain serta untuk meningkatkan hasil belajar siswa adalah dengan menerapkan pendekatan pembelajaran berbasis Deep Dialogue/Critical Thinking (DD/CT). Fokus kajian pendekatan DD/CT dalam pembelajaran dikonsentrasikan dalam mendapatkan pengetahuan dan pengalaman melalui dialog secara mendalam dan berpikir kritis, tidak saja menekankan keaktifan siswa pada aspek fisik, akan tetapi juga aspek intelektual, sosial, mental, emosional dan spiritual. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penerapan pendekatan pembelajaran berbasis DD/CT terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa pada sub konsep Arthropoda. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Slawi pada Semester Genap Tahun Ajaran 2009/2010. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X sebanyak 10 kelas. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 3 kelas yang diambil dengan teknik Purposive Sampling. Penelitian ini merupakan penelitian pre experimental, dengan desain one shot case study. Analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa pada kelas X.2, X.9 dan X.10 adalah 79,47 dengan ketuntasan klasikal sebesar 92,06 % dan 86,02 % siswa memiliki aktivitas tinggi dan sangat tinggi. Simpulan dari penelitian ini adalah penerapan pendekatan pembelajaran berbasis DD/CT pada sub konsep Arthropoda efektif meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Kata Kunci: efektivitas, pendekatan pembelajaran berbasis DD/CT, aktivitas dan hasil belajar siswa

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: efektivitas, pendekatan pembelajaran berbasis DD/CT, aktivitas dan hasil belajar siswa
Subjects: Q Science > QK Botany
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: Users 3314 not found.
Date Deposited: 20 Nov 2011 12:09
Last Modified: 20 Nov 2011 12:09
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/8396

Actions (login required)

View Item View Item