Perbedaan Latihan Smesh Kedeng dengan Bola Dilambungkan Pelatih Secara Terus Menerus dan Pergantian Terhadap Kemampuan Smesh Sepak Takraw Bagi Pemain Yunior Putera Klub Padang Jagad Kabupaten Demak Tahun 2007”.

ANIS WAHDI , 6250403073 (2007) Perbedaan Latihan Smesh Kedeng dengan Bola Dilambungkan Pelatih Secara Terus Menerus dan Pergantian Terhadap Kemampuan Smesh Sepak Takraw Bagi Pemain Yunior Putera Klub Padang Jagad Kabupaten Demak Tahun 2007”. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (Perbedaan Latihan Smesh Kedeng dengan Bola Dilambungkan Pelatih Secara Terus Menerus dan Pergantian Terhadap Kemampuan Smesh Sepak Takraw Bagi Pemain Yunior Putera Klub Padang Jagad Kabupaten Demak Tahun 2007”.) - Published Version
Download (468Kb)

    Abstract

    Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan latihan smesh kedeng dengan bola dilambungkan pelatih secara terus menerus dan pergantian terhadap kemampuan smesh sepak takraw, dan untuk mengetahui mana yang lebih baik antara latihan smesh kedeng dengan bola dilambungkan pelatih secara terus menerus dan pergantian. Populasi dalam penelitian ini adalah kelompok pemain sepak takraw yunior putera klub Padang Jagad Kabupaten Demak tahun 2007 yang berjumlah 30 pemain. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik total sampling, yaitu dengan mengikutkan seluruh pemain yunior yang terdaftar dalam klub Padang Jagad di Kabupaten Demak tahun 2007. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan memberikan perlakuan terhadap dua kelompok. Kelompok eksperimen 1 diberi perlakuan dalam bentuk latihan smesh kedeng dengan bola dilambungkan pelatih secara terus menerus, sedangkan kelompok eksperimen 2 diberi perlakuan dalam bentuk smesh kedeng dengan bola dilambungkan pelatih secara pergantian. Berdasarkan analisis data diperoleh nilai t hitung sebesar 2,205 lebih besar dari pada nila t tabel yaitu sebesar 2,145 pada taraf signifikansi 5% dengan derajat kebebasan 14, artinya ada perbedaan yang signifikan antara dua kelompok. Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa ada perbedaan yang berarti antara latihan smesh kedeng dengan bola dilambungkan pelatih secara terus menerus dan pergantian. Dilihat dari masing-masing kelompok, Mean kelompok eksperimen 2 lebih besar dari kelompok eksperimen 1, yaitu Mx2= 22,07 > Mx1 = 18,87. ini menunjukkan bahwa latihan smesh kedeng dengan bola dilambungkan pelatih secara pergantian lebih baik dibandingkan dengan latihan smesh kedeng dengan bola dilambungkan pelatih secara terus menerus. Atas dasar hasil penelitian ini disarankan : 1) Latihan smesh kedeng dengan bola dilambungkan pelatih secara pergantian dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan smesh kedeng. 2) Hendaknya para pelatih sepak takraw se-Kabupaten Demak dapat memakai metode latihan smesh kedeng dengan bola dilambungkan pelatih secara pergantian. 3) Penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan pembanding bagi penelitian lain yang berminat mengadakan penelitian serupa.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
    Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Ilmu Keolahragaan, S1
    Depositing User: budi santoso perpustakaan
    Date Deposited: 02 Apr 2011 01:28
    Last Modified: 25 Apr 2015 00:10

    Actions (login required)

    View Item