Upaya Meningkatkan Sikap Ilmiah Siswa Melalui Model Pembelajaran Inkuiri pada Mata Pelajaran Fisika di SMA


musa dimyati, 4201405038 (2011) Upaya Meningkatkan Sikap Ilmiah Siswa Melalui Model Pembelajaran Inkuiri pada Mata Pelajaran Fisika di SMA. Under Graduates thesis, universitas negeri semarang.

Warning
There is a more recent version of this item available.
[thumbnail of Upaya Meningkatkan Sikap Ilmiah Siswa Melalui Model Pembelajaran Inkuiri pada Mata Pelajaran Fisika di SMA]
Preview
PDF (Upaya Meningkatkan Sikap Ilmiah Siswa Melalui Model Pembelajaran Inkuiri pada Mata Pelajaran Fisika di SMA) - Published Version
Download (92kB) | Preview

Abstract

Dimyati, M. 2011. Upaya Meningkatkan Sikap Ilmiah Siswa Melalui Model Pembelajaran Inkuiri pada Mata Pelajaran Fisika di SMA. Skripsi, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing Utama Bambang Subali, M.Pd. dan Pembimbing Pendamping: Dr. Ani Rusilowati, M.Pd. Kata Kunci: Gerak Lurus, Model Pembelajaran Inkuiri, Sikap Ilmiah. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi menuntut generasi penerus bangsa yang cerdas, berbudi pekerti luhur dan bersikap ilmiah. Fisika sebagai bagian dari Ilmu Pengetahuan Alam merupakan mata pelajaran yang penting dalam pembentukan generasi muda yang memiliki sikap ilmiah yang tinggi. Dalam mendukung fungsinya sebagai wahana pembentukan sikap ilmiah, fisika perlu didekati dengan model pembelajaran yang mampu meningkatkan sikap ilmiah siswa. Model Pembelajaran inkuiri merupakan salah satu model pembelajaran fisika yang melaksanakan pembelajarannya dengan kegiatan penemuan konsep, melibatkan aktivitas berpikir dan bersikap ilmiah. Penelitian ini bertujuan memperoleh informasi tentang penerapan model pembelajaran inkuiri dan besar peningkatan sikap ilmiah siswa pada mata pelajaran Fisika di SMA. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus yang setiap siklusnya terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data sikap ilmiah siswa diperoleh dari angket dan hasil observasi selama penelitian. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan sikap ilmiah siswa kelas X.4 SMA Negeri 2 Ungaran Kabupaten Semarang tahun akademik 2010/2011 yang diajar dengan model pembelajaran inkuiri pada pokok bahasan Gerak Lurus. Nilai rata-rata hasil observasi sikap ilmiah siswa pada siklus I 67,05%, Siklus II 75,63%, dan pada siklus III 85,65%. Sehingga diperoleh gain peningkatan sikap ilmiah siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 0,26 dan dari siklus II ke siklus III diperoleh gain sebesar 0,41. Peningkatan hasil observasi sikap ilmiah ini didukung oleh hasil nilai rata-rata angket sikap ilmiah siswa yang mengalami peningkatan dari 71,82% pada awal siklus menjadi 76,68% pada akhir siklus. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri pada mata pelajaran fisika mampu meningkatkan sikap ilmiah siswa di SMA.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Gerak Lurus, Model Pembelajaran Inkuiri, Sikap Ilmiah.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Users 3258 not found.
Date Deposited: 20 Nov 2011 12:11
Last Modified: 23 Nov 2011 07:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/8375

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item