KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI MATERI KONSUMSI DAN INVESTASI PADA SISWA KELAS X SMA N 2 CEPU


Isnawati Cahyaningtyas , 7101406091 (2011) KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI MATERI KONSUMSI DAN INVESTASI PADA SISWA KELAS X SMA N 2 CEPU. Under Graduates thesis, universitas negeri semarang.

Warning
There is a more recent version of this item available.
[thumbnail of KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN BERBASIS MASALAH  TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI MATERI KONSUMSI DAN INVESTASI PADA SISWA KELAS X SMA N 2 CEPU] PDF (KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI MATERI KONSUMSI DAN INVESTASI PADA SISWA KELAS X SMA N 2 CEPU) - Published Version
Download (114kB)

Abstract

Cahyaningtyas, Isnawati. 2010. Keefektifan Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dengan Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Materi Konsumsi dan Investasi Pada Siswa Kelas X Sma N 2 Cepu. Skripsi. Jurusan Ekonomi. Pembangunan Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I: Drs. FX. Sukardi, Pembimbing II: Prof. Dr. Rusdarti, M. Si. Kata kunci: hasil belajar, model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan Berbasis Masalah, materi konsumsi dan investasi. KTSP menuntut siswa untuk aktif dalam membangun pengetahuannya sendiri dengan cara mengaitkan ide/gagasan yang mereka miliki. Pembelajaran kooperatif muncul dari konsep bahwa siswa akan lebih mudah menemukan dan memahami konsep yang sulit jika mereka saling berdiskusi dengan temannya, siswa secara rutin bekerja dalam kelompok sejawat menjadi aspek utama dalam pembelajaran kooperatif. Salah satu caranya adalah menerapkan model pembelajaran Jigsaw dengan berbasis masalah. Kedua model yang dipadukan ini belum diterapkan di SMA Negeri 2 Cepu. Penerapan model pembelajaran jigsaw dengan berbasis masalah pada materi konsumsi dan investasi diharapkan dapat meningkatakan kemapuan siswa menyelesaikan permasalahan dalam soal dan meningkatkan keaktivan siswa dalam proses belajar mengajar yang akhirnya dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Dari tersebut muncul permasalahan yaitu bagaimanakah keefektifan hasil pembelajaran dari model tipe Jigsaw yang berbasis masalah jika dibandingkan dengan metode konvensional terhadap hasil belajar konsumsi dan investasi?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui solusi dari permasalahan. Populasi dalam penelitian ini adalah semua peserta didik kelas X SMA Negeri 2 Cepu tahun pelajaran 2009/2010. Pengambilan sampel dengan random sampling. Diperoleh kelas X-C dengan model pembelajaran jigsaw yang berbasis masalah dan X-E dengan model pembelajaran konvensional. Data yang dijadikan sebagai data awal adalah nilai ujian tengah semester genap. Analisis data meliputi uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis atau uji kesamaan rata-rata dengan menggunakan uji t. Hasil penelitian diperoleh rata-rata nilai tes akhir kelas eksperimen 63,89 dan kelas kontrol 54,03. Dari hasil perhitungan uji hipotesis dengan menggunakan SPSS diperoleh thitung = -4,83254 dan ttabel = 2,03 atau dengan melihat nilai probabilitas 0.000 dimana nilai tersebut lebih kecil dari nilai alpha (α) = 0,05. Hal ini berarti terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik antara kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran tipe jigsaw dengan berbasis masalah dan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional dalam mengajarkan materi konsumsi dan investasi. Dan hasil yang didapat berarti model pembelajaran tipe jigsaw yang berbasis masalah efektif dari model pembelajaran konvensional. Hendaknya pembelajaran menggunakan tipe jigsaw dengan berbasis masalah diterapkan pada mata pelajaran lainnya

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan Berbasis Masalah, materi konsumsi dan investasi.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan, S1
Depositing User: Users 3258 not found.
Date Deposited: 20 Nov 2011 12:11
Last Modified: 23 Nov 2011 07:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/8371

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item