PENERAPAN PEMBELAJARAN AKTIF, KREATIF, EFEKTIF DAN MENYENANGKAN (PAKEM) PADA MATA PELAJARAN SAINS UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA SD


Cahyawati , 4201406507 (2010) PENERAPAN PEMBELAJARAN AKTIF, KREATIF, EFEKTIF DAN MENYENANGKAN (PAKEM) PADA MATA PELAJARAN SAINS UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA SD. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Warning
There is a more recent version of this item available.
[thumbnail of PENERAPAN PEMBELAJARAN AKTIF, KREATIF, EFEKTIF DAN MENYENANGKAN (PAKEM) PADA MATA PELAJARAN SAINS UNTUK MENINGKATKAN MINAT  DAN HASIL BELAJAR SISWA SD]
Preview
PDF (PENERAPAN PEMBELAJARAN AKTIF, KREATIF, EFEKTIF DAN MENYENANGKAN (PAKEM) PADA MATA PELAJARAN SAINS UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA SD) - Published Version
Download (25kB) | Preview

Abstract

Cahyawati. 2010. Penerapan Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAKEM) Pada Mata pelajaran Sains Untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa SD. Skripsi, Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I: Drs. Mosik, M.S, Pembimbing II: Drs. Nathan Hindarto, Ph.D Kata Kunci: Penerapan PAKEM, Minat dan Hasil Belajar Siswa. Pembelajaran sains di SD Negeri Tlogomulyo 01 Gubug masih belum bisa menggunakan metode yang tepat dalam pelajaran sains. Oleh karena itu penerapan Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAKEM) merupakan salah satu solusi agar hasil pembelajaran menjadi maksimal. Tujuan dari penelitian ini antara lain: (1). Untuk mengetahui seberapa besar peningkatan minat belajar siswa sebagai hasil penerapan model PAKEM, (2). untuk mengetahui Seberapa besar peningkatan hasil belajar siswa sebagai hasil penerapan model PAKEM. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Ternyata dengan dua siklus minat dan hasil pembelajaran menjadi meningkat. Model Pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan (PAKEM) yang digunakan memiliki komponen yaitu: (1) Pemanfaatan sarana dan prasarana (sumber daya) untuk membangkitkan semangat siswa agar pembelajaran menjadi lebih menarik, (2) Penerapan pembelajaran yang kooperatif dan interaktif, (3) Penciptaan situasi yang menemukan caranya sendiri dalam pemecahan masalah. Berdasarkan analisis data hasil penelitian, presentase rata-rata minat siswa meningkat sebesar 20,82% dari sebelumnya. Selain itu ketuntasan hasil belajar kognitif siswa juga mengalami peningkatan yaitu sebesar 47,24%. Ketuntasan belajar klasikal pada aspek afektif juga meningkat, yaitu sebesar 55% . Selain itu ketuntasan belajar klasikal pada aspek psikomotorik juga mengalami peningkatan sebesar 55% dan meningkat secara signifikan dengan taraf kepercayaan 95%. Peningkatan hasil belajar kognitif dapat dilihat dari ketuntasan klasikal siswa yaitu 94,24%. Ketuntasan klasikal siswa pada hasil belajar afektif dan psikomotorik adalah 100%. Dari hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran sains dengan penerapan PAKEM dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa SD Negeri Tlogomulyo 01. Hal ini juga diikuti peningkatan ketuntasan belajar klasikal. Sehingga respon yang diberikan oleh siswa juga menunjukkan respon yang sangat baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Penerapan PAKEM, Minat dan Hasil Belajar Siswa.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Users 3260 not found.
Date Deposited: 20 Nov 2011 12:11
Last Modified: 20 Nov 2011 12:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/8364

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item