Penerapan Metode Langsung (At-Thoriqoh Al-Mubasyaroh) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Arab Pada Siswa Kelas VII G MTs Negeri Kenadal Tahun Ajaran 2010/ 2011


dwi astuti, 2303407018 (2011) Penerapan Metode Langsung (At-Thoriqoh Al-Mubasyaroh) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Arab Pada Siswa Kelas VII G MTs Negeri Kenadal Tahun Ajaran 2010/ 2011. Under Graduates thesis, universitas negeri semarang.

Warning
There is a more recent version of this item available.
[thumbnail of Penerapan Metode Langsung (At-Thoriqoh Al-Mubasyaroh) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Arab Pada Siswa Kelas VII G MTs Negeri Kenadal Tahun Ajaran 2010/ 2011]
Preview
PDF (Penerapan Metode Langsung (At-Thoriqoh Al-Mubasyaroh) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Arab Pada Siswa Kelas VII G MTs Negeri Kenadal Tahun Ajaran 2010/ 2011) - Published Version
Download (103kB) | Preview

Abstract

Astuti, Dwi. 2011. Penerapan Metode Langsung (At-Thoriqoh Al-Mubasyaroh) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Arab Pada Siswa Kelas VII G MTs Negeri Kenadal Tahun Ajaran 2010/ 2011. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, Jurusan Bahasa dan Sastra Asing, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I: Singgih Kuswardono, S.Pd.I. Pembimbing II: Dr. Zaim Elmubarok, M.Ag. Kata kunci: Keterampilan Berbicara, Penerapan Metode Langsung. Keterampilan berbicara merupakan salah satu jenis keterampilan berbahasa yang ingin dicapai dalam pengajaran bahasa termasuk bahasa Arab. Mengingat fungsi utama bahasa sebagai alat komunikasi, maka pembelajaran berbicara bahasa Arab menjadi sangat urgen. Akan tetapi dalam kenyataannya, siswa masih banyak menemukan kesulitan dalam pembelajaran berbicara bahasa Arab. Penyebab kesulitan yang dihadapi siswa antara lain karena metode yang diterapkan oleh guru mata pelajaran bahasa Arab tidak menarik dan membosankan sehingga siswa enggan berpartisipasi aktif dalam kegiatan berbicara bahasa Arab. Oleh karena itu, perlu adanya alternatif metode yang memberikan kesempatan bagi siswa untuk mengungkapkan gagasan atau pikiran seluas-luasnya khusunya pada keterampilan berbicara. Salah satunya dengan penerapan metode langsung (at-thoriqoh al-mubasyaroh). Dalam metode ini, siswa berperan aktif dalam pembelajaran, dan guru berperan sebagai fasilitator serta motivator. Masalah dalam penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana peningkatan keterampilan berbicara bahasa Arab setelah diterapkan metode langsung (at-thoriqoh al-mubasyirah) pada siswa kelas VII G MTs Negeri Kendal tahun ajaran 2010/2011?. (2) bagaimana respon dan minat belajar siswa kelas VII G MTs Negeri Kendal tahun ajaran 2010/2011 setelah diterapkan metode langsung (al-thoriqoh al-mubasyaroh)?. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) untuk mengetahui peningkatan keterampilan berbicara bahasa Arab kelas VII G MTs Negeri Kendal setelah diterapkan metode langsung. (2) untuk mengetahui respon dan minat belajar siswa kelas VII G MTs Negeri Kendal tahun ajaran 2010/2011 Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dirancang dalam dua siklus. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes dan nontes. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan nontes. Teknik analisis data berupa analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif prosentase. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II. Dari data tes dapat diketahui peningkatan yaitu nilai rata- rata kelas dari 41 siswa pada siklus I adalah 57,27 dan pada siklus II adalah 76,99. Dapat diketahui bahwa terjadi peningkatan hasil belajar subjek penelitian dari tiap pertemuan. Dalam prosentase peningkatan tersebut adalah 16,74% dari pertemuan I ke pertemuan II. Dan terjadi peningkatan sebesar 15,89% dari pertemuan II ke pertemuan III. Selanjutnya peningkatan 15,34% dari pertemuan III ke pertemuan IV. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, diperoleh hasil bahwa peningkatan keterampilan berbicara bahasa Arab dengan penerapan metode langsung pada siswa kelas VII G MTs Negeri Kendal sebesar 34,43%. Hasil analisis data nontes juga menunjukkan adanya perubahan perilaku siswa kelas VII G MTs Negeri Kendal tahun ajaran 2010/2011.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Berbicara, Penerapan Metode Langsung.
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Users 3258 not found.
Date Deposited: 20 Nov 2011 12:12
Last Modified: 23 Nov 2011 07:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/8355

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item