PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG IMPLEMENTASI MOVING CLASS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XII IS SEMESTER 2DI SMA NEGERI 1 PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2009/2010


Ninik Filiani, 7101406530 (2011) PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG IMPLEMENTASI MOVING CLASS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XII IS SEMESTER 2DI SMA NEGERI 1 PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Under Graduates thesis, universitas negeri semarang.

Warning
There is a more recent version of this item available.
[thumbnail of PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG IMPLEMENTASI MOVING CLASS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA]
Preview
PDF (PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG IMPLEMENTASI MOVING CLASS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA) - Published Version
Download (70kB) | Preview

Abstract

Filiani, Ninik. 2010. Pengaruh Persepsi Siswa tentang Implementasi Moving Class Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XII IS Semester 2 di SMA Negeri 1 Purbalingga Tahun Ajaran 2009/ 2010. Skripsi, Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Drs. Tarsis Tarmudji., M.M. Pembimbing II Drs. Subowo., M.Si. Kata Kunci : Persepsi Siswa tentang Implementasi Moving Class, Hasil Belajar Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan adanya pengaruh persepsi siswa tentang implementasi moving class yang meliputi persepsi siswa tentang pengelolaan ruang kelas dan persepsi siswa tentang perpindahan siswa terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran ekonomi semester 2 kelas XII IS di SMA Negeri 1 Purbalingga. Persepsi Siswa tentang Implementasi Moving class adalah persepsi siswa tentang penerapan dari sistem dimana terjadi perpindahan peserta didik pada setiap ganti mata pelajaran dan adanya pengkarakteristikan ruang kelas sesuai mata pelajaran tertentu. Hasil belajar merupakan hasil dari suatu proses belajar yang dinyatakan dalam bentuk angka atau skor. Sampel penelitian ini diambil dengan proportional random sampling, berjumlah 132 siswa dari populasi sejumlah 195 siswa. Hasil uji validitas instrument persepsi siswa tentang implementasi moving class didapat 25 soal dinyatakan valid. Hasil reliabilitas instrument persepsi siswa tentang implementasi moving class menyatakan instrument persepsi siswa tentang implementasi moving class reliable dengan nilai Cronbach Alpha 89,1%. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah hasil belajar dan variabel independen adalah persepsi siswa tentang pengelolaan ruang belajar dan persepsi siswa tentang pengelolaan perpindahan siswa. Hasil Penelitian (1) Implementasi Moving Class berdasarkan persepsi siswa untuk mata pelajaran Ekonomi kelas XII IS semester 2 di SMA Negeri 1 Purbalingga tahun 2009/ 2010 ada pada kategori baik (53,30%). (2) Persepsi Siswa tentang Pengelolaan Ruang Belajar/ Kelas berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XII IS Semester 2 SMA Negeri 1 Purbalingga tahun pelajaran 2009/2010 dengan probabilitas 0,007 dan mempengaruhi hasil belajar sebesar 5,57%. (3) Persepsi Siswa tentang Pengelolaan Perpindahan Siswa tidak berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XII IS Semester 2 SMA Negeri 1 Purbalingga tahun pelajaran 2009/2010 dengan probabilitas 0,247. (4) Persepsi Siswa tentang Implementasi moving class berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XII IS Semester 2 SMA Negeri 1 Purbalingga tahun pelajaran 2009/2010 dengan probabilitas 0,000 dan mempengaruhi hasil belajar sebesar 10,3% dari hasil belajar, dengan persamaan Y= 55,858 + 0,292 X1 + 0,294 X2. Saran yang diberikan (1) Siswa hendaknya secara integrated bertanggung jawab terhadap ketertiban pada saat perpindahan jam pelajaran dari satu kelas ke kelas lain, sehingga dapat lebih megkontrol kondisi sekolah. (2) Guru hendaknya dapat mempertahankan pengelolaan ruang kelas terutama dalam hal penciptaan kondisi ruang kelas yang menyenangkan dan lebih berkarakteristik sesuai mata pelajaran ekonomi dan dapat menciptakan kondisi belajar yang optimal. (3) Sekolah hendaknya tetap melibatkan siswa dalam pelaksanaan kebersihan yang terjadwal sehingga lebih nampak tumbuhnya tanggung jawab terhadap kebersihan kelas. (4) Sekolah hendaknya mempertahankan pelaksanaan moving class melalui penambahan fasilitas dan penggunaan secara optimal fasilitas yang sudah ada sehingga menjadi sistem pembelajaran yang menyenangkan dan lebih dirasakan kebermanfaatannya sebagai usaha meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Persepsi Siswa tentang Implementasi Moving Class, Hasil Belajar
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: Users 3258 not found.
Date Deposited: 18 Nov 2011 00:19
Last Modified: 23 Nov 2011 08:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/8309

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item