2010.”Analisis Sikap Konsumen Mengenai Strategi Strategi Retailing Mix di Minimarket Kecamatan Bangsri Kabupaten Jepara”.


Afidatul Qoyyimah, 3352405626 (2011) 2010.”Analisis Sikap Konsumen Mengenai Strategi Strategi Retailing Mix di Minimarket Kecamatan Bangsri Kabupaten Jepara”. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang(UNNES).

Warning
There is a more recent version of this item available.
[thumbnail of 2010.”Analisis Sikap Konsumen Mengenai Strategi Strategi Retailing Mix di Minimarket Kecamatan Bangsri Kabupaten Jepara”.]
Preview
PDF (2010.”Analisis Sikap Konsumen Mengenai Strategi Strategi Retailing Mix di Minimarket Kecamatan Bangsri Kabupaten Jepara”.) - Published Version
Download (75kB) | Preview

Abstract

SARI Qoyyimah, Afidatul. 2010.”Analisis Sikap Konsumen Mengenai Strategi Strategi Retailing Mix di Minimarket Kecamatan Bangsri Kabupaten Jepara”. Skripsi. Jurusan Manajemen, Program Studi Manajemen Pemasaran, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I: Dr. H. Achmad Slamet, M.Si. Pembimbing II: Drs. Martono, M.Si. Kata Kunci: Sikap Konsumen, Strategi Retailing Mix Suatu perusahaan ritel jika ingin tetap bertahan dan bersaing serta mampu mengembangkan bisnisnya harus mampu membuat strategi Retailing Mix yang dapat mempelajari dan menganalisis sikap konsumen. Hal itu dilakukan dengan harapan bahwa strategi tersebut dapat membentuk sikap konsumen, sehingga mampu bersaing dengan perusahaan ritel sejenis lainnya. Indomaret adalah salah satu Convensional Store yang bergerak dibidang minimarket. Indomaret sebagai salah satu bisnis ritel yang melayani kebutuhan pokok dan kebutuhaan sehari-hari harus mampu bersaing dengan minimarket sejenis sehingga dikelola secara profesional dengan menggunakan strategi Retailing Mix. Permasalahan yang timbul dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauhmana faktor Keragaman Produk, Layanan Toko, Atmosfer Toko, Harga, Promosi dan Lokasi dalam menentukan sikap konsumen di Indomaret Kecamatan Bangsri Kebupaten Jepara. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisis faktor Keragaman Produk, Layanan Toko, Atmosfer Toko, Harga, Promosi dan Lokasi dalam menentukan sikap konsumen di Indomaret Kecamatan Bangsri Kebupaten Jepara. Populasi yang diambil adalah konsumen Indomaret Kecamatan Bangsri Kebupaten Jepara, dimana setiap orang yang melakukan aktivitas berbelanja pada Indomaret Kecamatan Bangsri Kebupaten Jepara. Sampel yang diambil sebanyak 98 konsumen yang dibagi secara representatif pada tiga gerai di Indomaret Kecamatan Bangsri Kebupaten Jepara. Variabel dalam penelitian ini adalah sikap konsumen di Indomaret Kecamatan Bangsri Kebupaten Jepara, yang terdiri dari variabel Keragaman Produk, Layanan Toko, Atmosfer Toko, Harga, Promosi dan Lokasi. Metode pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah analisis distribusi frekuensi persentase. Hasil analisis dengan menggunakan perhitungan distribusi frekuensi menunjukkan bahwa pada keenam faktor yang diukur untuk mengetahui sikap konsumen, diketahui bahwa pelanggan memiliki sikap suka (afeksi), berkeyakinan (kognisi), dan tertarik untuk melakukan pembelian (konatif) di Indomaret Kecamatan Bangsri Kebupaten Jepara pada faktor Keragaman Produk, Layanan Toko, Atmosfer, sedangkan dua sub variabel Promosi dan Lokasi konsumen menjawab tidak berpendapat (afeksi, kognisi dan konasi). Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa secara keseluruhan konsumen Indomaret Kecamatan Bangsri Kebupaten Jepara berkeyakinan (kognisi), bersikap suka (afeksi), tertarik (konatif). Namun demikian ada faktor dimana konsumen merasa tidak berpendapat karena tidak mempengaruhi mereka dalam melakukan pembelian. Oleh karena itu disarankan kepada pihak minimarket Indomaret di Kecamatan Bangsri Kabupaten Jepara untuk memperbaiki strateginya, sedangkan pada faktor dimana konsumen berkeyakinan (kognisi), bersikap suka (afeksi), tertarik (konatif) hendaknya dapat mempertahankan prestasinya dan lebih ditingkatkan lagi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Sikap Konsumen, Strategi Retailing Mix
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: Users 3259 not found.
Date Deposited: 18 Nov 2011 00:22
Last Modified: 29 Nov 2011 05:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/8266

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item