Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Student Teams Achievement Divisions (STAD) Terhadap Hasil Belajar Pokok Bahasan Turunan Fungsi Aljabar Siswa Kelas XI Semester 2 SMA.


Susanti Yuliana, 4101403513 (2007) Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Student Teams Achievement Divisions (STAD) Terhadap Hasil Belajar Pokok Bahasan Turunan Fungsi Aljabar Siswa Kelas XI Semester 2 SMA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Student Teams Achievement Divisions (STAD) Terhadap Hasil Belajar Pokok Bahasan Turunan Fungsi Aljabar Siswa Kelas XI Semester 2 SMA.]
Preview
PDF (Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Student Teams Achievement Divisions (STAD) Terhadap Hasil Belajar Pokok Bahasan Turunan Fungsi Aljabar Siswa Kelas XI Semester 2 SMA.) - Published Version
Download (716kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran matematika yang dilaksanakan di SMA Negeri 9 Semarang saat ini masih berpusat pada guru sehingga dikhawatirkan siswa akan cepat bosan dan kurang aktif dalam pembelajaran. Pembelajaran yang demikian ternyata kurang memberikan pengaruh terhadap hasil belajar yang optimal. Pembelajaran matematika hendaknya didesain untuk dapat memberikan kesempatan kepada siswa untuk menumbuhkembangkan kemampuan mereka secara maksimal. Melalui model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) yang lebih menekankan pada kerjasama kelompok yang bersifat heterogen untuk menyelesaikan tugas kelompok yang sudah disiapkan oleh guru berupa LKS dan selanjutnya diikuti dengan pemberian bantuan secara individu bagi siswa yang memerlukannya, diharapkan dapat berpengaruh pada hasil belajar yang optimal. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI semester 2 SMA Negeri 9 Semarang tahun pelajaran 2006/2007 sebanyak 170 siswa yang tersebar dalam 4 kelas. Sampel diambil secara random sampling.Diperoleh siswa kelas XI_IS3 sebagai kelompok eksperimen (menggunakan model pembelajaran STAD) dan siswa kelas XI_IS4 sebagai kelompok kontrol (menggunakan model pengajaran langsung). Berdasarkan hasil penelitian, rata-rata hasil belajar kelompok eksperimen sebesar 81,31 dan kelompok kontrol sebesar 74,40. Hasil uji t diperoleh thitung (4,978) > ttabel (1,66), yang berarti bahwa rata-rata hasil belajar kelompok eksperimen lebih baik daripada kelompok kontrol. Hasil uji ketuntasan belajar pada kelompok eksperimen diperoleh thitung (19,06) > - ttabel (17,55), yang berarti hasil belajar siswa pada kelompok eksperimen telah mencapai ketuntasan belajar()60≥. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran STAD lebih efektif daripada model pengajaran langsung terhadap hasil belajar pokok bahasan turunan fungsi aljabar siswa kelas XI SMA Negeri, dimana hasil belajar matematika pada pokok bahasan turunan fungsi aljabar siswa kelas XI semester 2 SMA yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif STAD lebih baik daripada yang diajarkan dengan model pengajaran langsung dan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen telah mencapai ketuntasan belajar(. Disarankan kepada guru agar dapat menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD menggunakan media LKS serta mengembangkan kreatifitas dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Student Teams Achievement Divisions (STAD)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 02 Apr 2011 03:49
Last Modified: 25 Apr 2015 04:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/825

Actions (login required)

View Item View Item