Efek ekstrak daun sambung nyawa terhadap kualitas sperma tikus diabetik induksi streptozotocin

Eko Kurniadi Abdurrahman , 4450401020 (2007) Efek ekstrak daun sambung nyawa terhadap kualitas sperma tikus diabetik induksi streptozotocin. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (Efek ekstrak daun sambung nyawa terhadap kualitas sperma tikus diabetik induksi streptozotocin) - Published Version
Download (1422Kb)

    Abstract

    Diabetes melitus yang umum dikenal sebagai kencing manis adalah penyakit yang ditandai dengan hiperglikemia yang terus-menerus dan bervariasi, untuk menanggulanginya penderita diabetes harus mengendalikan kadar gula darahnya dengan mengkonsumsi obat-obatan anti hiperglikemik. Salah satu tanaman obat yang sering digunakan masyarakat untuk menurunkan kadar gula darah adalah sambung nyawa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ekstrak daun sambung nyawa (Gynura procumbens) terhadap kualitas sperma tikus diabetik yang diinduksi dengan Streptozotocin. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode rancangan acak lengkap, dimana kelompok hewan percobaan dibagi menjadi 4 kelompok (kontrol, sambung nyawa, metformin dan plasebo) yang diinduksi dengan streptozotocin sehingga mengalami diabetes melitus, Waktu pemberian ekstrak daun sambung nyawa, metformin dan aquadest dilakukan 2 kali sehari selama 30 hari. pada hari ke 31, semua tikus tersebut dikorbankan dan diambil sperma dari bagian vas deferens untuk diamati kualitas spermanya (jumlah, viabilitas, motilitas, morfologi). Hasil yang diperoleh menunjukkan ekstrak daun sambung nyawa berpengaruh terhadap motilitas dan jumlah spermatozoa, namun tidak berpengaruh nyata terhadap viabilitas dan morfologi spermatozoa tikus diabetik yang diinduksi dengan streptozotocin. Simpulan dari penelitian ini adalah ekstrak daun sambung nyawa mampu meningkatkan kualitas sperma tikus diabetik yang diinduksi dengan streptozotocin, namun untuk menyempurnakan penelitian diperlukan penelitian lebih lanjut mengenai efek daun sambung nyawa terhadap syaraf organ reproduksi yang mempengaruhi kualitas sperma.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
    Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi, S1
    Depositing User: budi santoso perpustakaan
    Date Deposited: 01 Apr 2011 23:39
    Last Modified: 25 Apr 2015 00:10

    Actions (login required)

    View Item