EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PORTOFOLIO TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATERI ALIRAN ENERGI DAN DAUR BIOGEOKIMIA DI SMA NEGERI 1 PURWOREJO


Fiat Neswantari, 4401406070 (2011) EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PORTOFOLIO TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATERI ALIRAN ENERGI DAN DAUR BIOGEOKIMIA DI SMA NEGERI 1 PURWOREJO. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PORTOFOLIO TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATERI ALIRAN ENERGI DAN DAUR BIOGEOKIMIA  DI SMA NEGERI 1 PURWOREJO ]
Preview
PDF (EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PORTOFOLIO TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATERI ALIRAN ENERGI DAN DAUR BIOGEOKIMIA DI SMA NEGERI 1 PURWOREJO )
Download (152kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Neswantari, Fiat. 2010. Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Portofolio terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas X pada Materi Aliran Energi dan Daur Biogeokimia di SMA Negeri 1 Purworejo . Skripsi, Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Semarang. Drs. Bambang Priyono, M. Si., Dra. Ely Rudyatmi, M. Si. Pembelajaran materi aliran energi dan daur biogeokimia kelas X di SMA Negeri 1 Purworejo masih tex book oriented dan guru cenderung mendominasi proses pembelajaran (teacher centered). Siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran, motivasi belajar siswa kurang dan hasil belajar siswa belum optimal. Model pembelajaran berbasis portofolio terpusat pada siswa, guru sebagai motivator dan fasilitator. Kelebihan model pembelajaran ini mendorong siswa membangun pengetahuannya sendiri, siswa bebas menyusun (merekonstruksi) informasi yang diperolehnya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran berbasis portofolio terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X pada materi aliran energi dan daur biogeokimia di SMA Negeri 1 Purworejo. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Purworejo semester genap Tahun Pelajaran 2009/2010 dengan rancangan Quasi Experimental (Pre test-Pos test group/Pre test-Pos test Control Group Design). Populasi terdiri dari 9 kelas. Sampel penelitian terdiri dari 2 kelas, kelas X RSBI 4 sebagai kontrol dan kelas X RSBI 5 sebagai eksperimen, yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Data dan metode pengumpulan data meliputi aktivitas siswa, hasil belajar siswa, tanggapan siswa dan guru yang masing-masing diukur dengan lembar observasi aktivitas siswa, soal tes obyektif, lembar angket tanggapan siswa dan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa kelas eksperimen yang minimal cukup aktif dapat dicapai oleh 78,125%. Ketuntasan hasil belajar siswa kelas eksperimen sebesar 87,5%. Secara umum siswa menyatakan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis portofolio cukup efektif dan guru juga memberikan tanggapan yang sangat baik. Simpulan hasil penelitian, model pembelajaran berbasis portofolio efektif terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X pada materi aliran energi dan daur biogeokimia di SMA Negeri 1 Purworejo. Saran dari penelitian ini, guru dapat menggunakan model pembelajaran berbasis portofolio pada materi aliran energi dan daur biogeokimia. Guru dapat menerapkannya pada materi berbeda. Perlu adanya perbaikan menejemen waktu pembelajaran dengan model pembelajaran berbasis portofolio. Kata Kunci : efektivitas penerapan, model pembelajaran berbasis portofolio, aktivitas dan hasil belajar siswa

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: efektivitas penerapan, model pembelajaran berbasis portofolio, aktivitas dan hasil belajar siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: Users 3263 not found.
Date Deposited: 18 Nov 2011 00:25
Last Modified: 18 Nov 2011 00:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/8220

Actions (login required)

View Item View Item