Hubungan antara Beban Kerja dengan Kelelahan Kerja Mengajar pada Guru Sekolah Dasar se-Kecamatan Gabus Kabupaten Grobogan Tahun 2006.

Anita Oktaviana , 6450401087 (2007) Hubungan antara Beban Kerja dengan Kelelahan Kerja Mengajar pada Guru Sekolah Dasar se-Kecamatan Gabus Kabupaten Grobogan Tahun 2006. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (Hubungan antara Beban Kerja dengan Kelelahan Kerja Mengajar pada Guru Sekolah Dasar se-Kecamatan Gabus Kabupaten Grobogan Tahun 2006.) - Published Version
Download (709Kb)

    Abstract

    Di masyarakat terkesan kualitas pendidikan mulai dari Sekolah Dasar sampai dengan perguruan tinggi kualitasnya rendah. Guru Sekolah Dasar sebagai guru kelas mengeluh, karena harus siap mengajar kesemua bidang studi di sekolah dasar disamping juga harus membuat persiapan mengajar tertulis kesemua bidang studi. Sehingga tugas guru menjadi tanggung jawab profesi yang begitu besar. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah adakah hubungan antara beban kerja dengan kelelahan kerja mengajar pada guru Sekolah Dasar se-Kecamatan Gabus Kebupaten Grobogan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara beban kerja dengan kelelahan kerja mengajar pada guru Sekolah Dasar se-Kecamatan Gabus Kebupaten Grobogan. Jenis penelitian ini adalah explanatory research dengan metode survey dan pendekatan crossectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru Sekolah Dasar se-Kecamatan Gabus Kabupaten Grobogan sejumlah 288 orang. Sampel yang diambil sejumlah 58 orang yang diperoleh secara acak dengan teknik porposive sampling. Pengumpulan data digunakan kuesioner. Data tentang beban kerja digunakan kategori beban kerja berdasarkan denyut nadi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dioleh dengan menggunakan statistik uji chi-square dengan derajat kemakmaan 0,05. Hasil penelitian diperoleh bahwa sebagian besar responden mengalami kelelahan kerja sedang sebesar 67,2% dan beban kerja ringan sebesar 56,9%. Hasil uji statistik didapatkan hasil p value untuk hubungan antara beban kerja dengan kelelahan kerja mengajar sebesar 0,001 dengan koefisien kontingensi sebesar 0,435. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan ada hubungan antara beban kerja dengan kelelahan kerja mengajar pada Guru Sekolah Dasar. Dari hasil penelitian saran yang diajukan adalah untuk mengurangi beban kerja mengajar guru Sekolah Dasar, oleh Dinas Pendidikan khususnya sebaiknya melakukan perubahan sistem pendidikan seperti halnya pada sekolah menengah keatas yaitu dengan penetapan guru sesuai dengan bidang pelajaran tertentu, sehingga guru tidak harus terlalu banyak menyiapkan materi untuk siswa setiap hari, untuk meningkatkan kualitas pengajaran khususnya di Kecamatan Gabus dan Indonesia pada umumnya, sebaiknya adanya pembatasan jam mengajar maksimal dan minimal yang jelas pada masing-masing bidang pelajaran serta diimbangi dengan peningkatan kesejateraan bagi guru-guru Sekolah Dasar.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: beban kerja, kelelahan kerja mengajar
    Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
    Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
    Depositing User: budi santoso perpustakaan
    Date Deposited: 01 Apr 2011 23:22
    Last Modified: 25 Apr 2015 00:10

    Actions (login required)

    View Item