(ABSTRAK.doc)Hubungan Antara Minat Membaca Buku-buku Sejarah Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah di SMA N 1 Tuntang Tahun Ajaran 2009/2010


Mersy Annum Boang Manalu, 3101405065 (2010) (ABSTRAK.doc)Hubungan Antara Minat Membaca Buku-buku Sejarah Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah di SMA N 1 Tuntang Tahun Ajaran 2009/2010. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ABSTRAK] Microsoft Word (ABSTRAK) - Published Version
Download (221kB)

Abstract

Minat merupakan prasyarat untuk belajar dalam proses pembelajaran. Siswa yang mempunyai minat terhadap suatu mata pelajaran pada umumnya ia mempunyai sikap positif dan merasa senang terhadap mata pelajaran tersebut. Sebaliknya sikap negative atau perasaan tidak senang akan menghambat dalam belajar dan pada gilirannya akan mengurangi hasil belajar. Minat belajar berperan penting dalam penyelenggaraan belajar, karena memberi dampak yang besar atas perilaku dan sikap individu dalam melakukan kegiatan belajar. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah minat membaca buku-buku Sejarah siswa pada mata pelajaran Sejarah di SMA Negeri 1 Tuntang Tahun Ajaran 2009/2010. (2) Bagaimana prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah di SMA Negeri 1 Tuntang Tahun Ajaran 2009/2010. (3) Adakah hubungan antara minat membaca buku-buku Sejarah terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah di SMA Negeri 1 Tuntang Tahun Ajaran 2009/2010. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X dan XI SMA Negeri 1 Tuntang Tahun Ajaran 2009/2010 yang berjumlah 234 siswa. Variabel dalam penelitian ini meliputi variabel bebas (X) yaitu minat membaca buku-buku Sejarah dan variabel terikat (Y) yaitu prestasi belajar siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan angket. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis deskripsi persentase dan analisis statistik. Hasil penelitian menunjukkan Minat membaca siswa di SMA Negeri 1 Tuntang terhadap buku-buku Sejarah dikategorikan tinggi dengan jumlah X2hitung sebesar 0,6257 X2tabel sebesar 5,99. Prestasi belajar siswa di SMA Negeri 1 Tuntang dikategorikan cukup dengan nilai raport mata pelajaran Sejarah rata-rata 75. Sedangkan pengaruh antara minat membaca siswa dengan prestasi belajar siswa sebesar r2 = (0,356)2 = 0,1267atau 12,67%. Hal ini dibuktikan dengan nilai thitung (2,19) > ttabel (2.03) , ada pengaruh yang signifikan. Saran yang penulis sampaikan berkaitan dengan isi skripsi ini adalah (1) dalam proses belajar mengajar agar lebih dapat menggunakan buku paket yang sudah tersedia dengan semaksimal mungkin, (2) diperlukan pemberian tugas terstruktur kepada siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Minat Membaca Buku-buku Sejarah dan Prestasi Belajar
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
L Education > LA History of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Alvian Unnes
Date Deposited: 17 Nov 2011 12:39
Last Modified: 17 Nov 2011 12:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/8180

Actions (login required)

View Item View Item